5 Jenis Kain untuk Kemeja yang Sering Digunakan

PTSansan.co.id – Bagi Anda yang akan membuat kemeja dalam jumlah yang banyak, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis bahan yang kerap digunakan di Indonesia. Seperti yang diketahui, kain katun menjadi salah satu bahan favorit di kalangan masyarakat beriklim tropis.

Foto : Pixabay

Pasalnya, kain katun memiliki karakteristik yang nyaman dan tak membuat Anda kegerahan, jadi sangat cocok digunakan untuk membuat kemeja. Namun, tahukah Anda, selain kain katun, ada bahan lain yang juga kerap digunakan untuk membuat kemeja? Berikut 5 jenis kain untuk kemeja dengan kualitas terbaik.

  • Kain Katun

Katun memang menjadi primadona para pelaku industri tekstil. Permintaan terhadap jenis kain untuk kemeja ini selalu meningkat, mengingat karakteristiknya yang sangat diburu masyarakat Indonesia. Kain skin-friendly ini disebut-sebut sangat cocok bersentuhan dengan kulit manusia.

Katun yang termasuk kategori jenis kain rajut (knitting) ini terbukti tidak mudah kusut saat dicuci, sehingga tidak akan begitu merepotkan Anda. Tak hanya itu, katun juga dikenal sangat baik dalam hal menyerap keringat.

Nah, ternyata, kain yang terbuat dari kapas ini masih bisa dibagi menjadi beberapa jenis lagi, lho. Misalnya saja, katun poplin dan twill yang mana keduanya sama-sama memiliki ketahanan yang bagus untuk dijadikan kemeja. Hanya saja, bedanya, katun poplin lebih tipis dari katun twill.

  • Kain Oxford

Jenis kain untuk kemeja yang cukup populer di Indonesia berikutnya adalah oxford. Kain ini biasanya digunakan untuk seragam sekolah atau kantoran. Bahan utama dari oxford tetap menggunakan katun, tetapi dicampur dengan teteron.

Cara pembuatannya pun termasuk ke dalam jenis drill, sehingga teksturnya lebih tipis, halus dan lembut. Namun sayangnya, bahan kain oxford rentan robek dan kaku bila terkena detergen yang berlebihan.

Nah, bagi Anda yang tinggal di wilayah tropis, kemeja berbahan oxford ini akan sangat cocok menemani aktivitas formal Anda. Tips untuk Anda yang tertarik dengan kain oxford sebagai bahan kemeja adalah hindari penggunaan bordir yang melibatkan kainnya langsung alias dijahit pada kain. Pasalnya, dengan begitu, jenis kain oxford akan lebih rentan rusak. Tapi, tenang saja, Anda masih bisa tetap menggunakan bordir dengan cara menempelkannya.

Foto : Pixabay
  • Kain Drill

Kain drill juga tak kalah bagusnya untuk dijadikan bahan kemeja. Bisa dikatakan, kain drill memiliki kualitas tersendiri di antara jenis kain untuk kemeja lainnya. Kain drill ini terbuat dari katun dan sedikit campuran polyester.

Uniknya, teknik menjahit kain ini adalah dengan cara dijalin pola diagonal atau miring. Kain drill juga memiliki level ketebalannya sendiri, sehingga lebih memudahkan pembeli apakah akan dipergunakan untuk seragam kantor, pakaian kasual, atau seragam lapangan.

Anda tentunya pernah mendengar bahan American Drill, bukan? Kain ini salah satu jenis kain drill yang memiliki tekstur kuat, lembut, menyerap keringat, dan warnanya tak mudah luntur. Sehingga, untuk persoalan kemeja lapangan, kain drill ini merupakan jenis yang paling unggul.

Foto : Unsplash
  • Kain Chambray

Jenis bahan kemeja berikutnya adalah kain chambray. Kain ini bisa dijadikan alternatif pemakaian bahan denim. Pasalnya, kain ini memiliki tampilan visual mirip denim, namun teknik tenunnya berbeda.

Secara pola tenun, kain chambray memiliki bentuk jahitan vertikal dan horizontal, dengan jalinan benangnya yang sangat rapat. Karenanya, kain ini jauh lebih ringan dari kain denim yang memiliki pola jahitan diagonal sehingga kainnya lebih berat dan tebal.

Atas perbedaan berat inilah, kain chambray lebih cocok diperuntukkan pembuatan kemeja atau atasan formal, sedangkan kain denim untuk celana.

Itulah beberapa jenis kemeja untuk seragam yang dapat Anda ketahui. Nah, bagi Anda yang sedang mencari jasa pembuatan kemeja, apalagi seragam kerja atau seragam perusahaan dalam jumlah yang banyak, PT Sansan Saudaratex Jaya Divisi Tekstil siap membantu mewujudkan kebutuhan Anda.

Kami telah dipercaya di tingkat mancanegara dalam menangani job order, makloon, atau CMT untuk semua proses pengerjaan tekstil yang ada di dalam fasilitas pabrik kami. Mari konsultasikan kebutuhan Anda sekarang dan hubungi kami melalui link berikut ini untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut.

 

Sumber : Fitinline

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.