Inilah 4 Jenis Sablon yang Cocok untuk Bahan Polyester

pt.sansan – Siapa yang ingin mempercantik kain dengan membuat sablon Polyseter? Istilah Polyester sudah tak asing lagi bagi Anda, bukan? Ya, Polyester merupakan salah satu jenis kain yang terbuat dari campuran polyethylene terephathalate, yang berasal dari minyak bumi dan ethylene glycol yang merupakan senyawa kimia.

Meski termasuk buatan tangan manusia, Polyester rupanya memiliki sejumlah keunggulan. Di antaranya tidak mudah kusut, bahannya kuat dan awet, serta tidak mudah luntur jika ingin menggunakan teknik pewarnaan printing.

Foto : Pixabay

Nah, bagi Anda yang ingin mempercantik pakaian berbahan Polyester, bisa ditambahkan dengan sablon yakni teknik cetak gambar atau tulisan pada kain. Dalam prosesnya, biasanya sablon menggunakan layar (screen) berbahan dasar nylon atau sutra yang memiliki kerapatan tertentu. 

Layar tersebut kemudian diberi pola yang sudah digambar sebelumnya pada kertas HVS. Dalam pengerjaannya, layar berpola itu disiram tinta kemudian disapu menggunakan palet yang terbuat dari karet. Berikut ini jenis sablon yang bisa Anda terapkan untuk pakaian berbahan Polyester. 

  • Teknik Sublimasi 

Biasanya, kain Polyester yang disematkan pada sablon adalah kaos, sehingga teknik sublimasi cocok diterapkan. Teknik ini bahkan tidak memerlukan layar atau screen seperti pada proses sablon pada umumnya, melainkan menggunakan kertas sublim yang nantinya ditempelkan pada kaos dan dipres menggunakan mesin heat press.

Kelebihan menggunakan sablon polyester dengan teknik ini adalah warna dan desainnya yang lebih detail juga tajam. Selain itu, pengerjaannyapun tidak memakan waktu yang lama. Namun sayangnya, teknik ini hanya cocok untuk kain Polyester dan warna bahan dasar kain haruslah cerah. Jika bahan dasar kainnya gelap, maka tinta sablon sublimasi akan tersalip warna gelap tersebut.  

  • Transfer Paper 

Hampir serupa dengan sablon sublimasi, transfer paper menggunakan media printing pada kertas khusus, yakni transfer 3G opaque. Dengan teknik ini, warna yang dihasilkan dari tinta lebih cerah dan tajam. Bukan hanya itu saja, sablon polyester dengan teknik ini juga diklaim dapat membuat warna pada kain tidak mudah luntur. Keunggulan lainnya adalah membuat tekstur permukaan sablon menyatu dengan kain, sehingga terasa lebih lembut.

  • Transfer Film 

Jenis sablon polyester berikutnya adalah teknik sablon transfer film, di mana memerlukan media berupa kertas film untuk mencetak desain yang diinginkan dengan menggunakan tinta khusus bernama Vator. Setelah gambar tercetak pada kertas film, barulah bisa ditransfer ke bahan Polyester. 

Selain kertas film, teknik ini juga memerlukan bahan pendukung lainnya yakni powder adhesive, semacam bahan tabur. Meski teknik ini terbilang rumit, hasilnya dinilai paling bagus di antara teknik sablon lainnya. Teknik transfer film juga bisa digunakan untuk jenis kain lainnya. 

  • Cutting Polyflex

Teknik sablon ini nyaris sama dengan teknik sublimasi, hanya saja media yang digunakan untuk menempelkan sablon berupa stiker yang dipres menggunakan mesin. Polyflex memiliki karakteristik elastis, sehingga jika bahan ditarik tak akan rusak. Biasanya, Cutting Polyflex digunakan untuk sablon pada baju bola. Teknik ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menyablon kaos dengan jumlah satuan. 

Foto : Pexels

Itulah empat jenis sablon yang cocok dan bagus jika diterapkan pada bahan kain Polyester. Intinya, kain Polyester sebaiknya menggunakan teknik digital printing daripada teknik manual karena warna dan desain yang dihasilkan bisa lebih bervariasi dan tajam. Bukan hanya itu saja, jika Anda ingin mengerjakan sablon dalam jumlah yang banyak maka teknik digital printing ini bisa mengefisienkan waktu. 

Bagi Anda yang sedang mencari pabrik garment untuk memproduksi pakaian dalam jumlah banyak, PT.Sansan Saudaratex bisa membantu kebutuhan Anda. Berdiri sejak tahun 1987, kami telah dipercaya menangani bidang tekstil dan produksi pakaian baik di tingkat nasional maupun mancanegara.

Selain itu, kami juga memiliki sertifikasi standar dalam proses produksi. Jenis pakaian yang telah diproduksi di antaranya pakaian wanita dan pria, pakaian hangat, hingga pakaian anak-anak. Silakan berkonsultasi untuk kebutuhan Anda sekarang, atau bisa menghubungi kami via link berikut ini untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut.

 

Sumber :

https://www.rumah.com/panduan-properti/mengenal-bahan-polyester-jenis-kelebihan-dan-kekurangannya-28922

https://fitinline.com/article/read/kelebihan-dan-kekurangan-sablon-yang-dibuat-dengan-teknik-sublim/

https://bengkelprint.com/perbedaan-sablon-kaos-printableflex-dan-sablon-transfer-paper-3g-opaque/

https://www.printgraphicmagz.com/2020/01/31/sablon-polyflex-pengertian-proses-dan-kelebihannya/amp/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.