Kain Wool dan High Twist, Mana Bahan yang Lebih Cocok untuk Bahan Jas?

ptsansan.co.id – Bagi Anda yang akan membuat jas, ada baiknya untuk menyimak review terkait bahan kain Wool dan High Twist. 2 bahan ini menjadi primadona untuk membuat pakaian formal pria dan wanita. Namun, diantara keduanya manakah yang paling cocok?

Jas biasanya dipakai pada acara-acara formal, maka dibutuhkan bahan kain yang memiliki kualitas baik, agar tampak keren dan bermutu tinggi. Bukan hanya itu saja, pola pembuatannya terbilang rumit jika dibandingkan dengan jenis pakaian lainnya. Sehingga diperlukan bahan pembuatan jas yang mudah untuk dibentuk dan sesuai dengan badan pemakainya.

Berikut ini karakteristik bahan Wool dan High Twist yang kerap dijadikan bahan untuk membuat jas, baik untuk perempuan maupun laki-laki.

Karakteristik Bahan Wool dan High Twist

1. Wool

Semi Wool terbuat dari serat yang berasal dari alam, misalnya hewan dan tumbuhan. Jika dari tumbuhan menghasilkan katun, maka Wool ini berasal dari serat bulu hewan, termasuk di antaranya kelinci, bulu domba, serta biri-biri.  Kepadatan serat Semi Wool sudah dipercaya oleh para produsen jas, terutama untuk acara pernikahan atau kantor.

  • Kelebihan

Wool banyak dipilih sebagai bahan untuk membuat jas, karena sifatnya terasa dingin ketika digunakan. Sehingga pemakainya tidak akan merasa panas meski tampak tebal. Kain ini juga memiliki ketahanan yang cukup baik, maka tak heran jika jas berbahan Wool dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Kelebihan lainnya dari Wool adalah tidak mudah terbakar. Sehingga akan aman saja saat disetrika dengan suhu tinggi. Serat yang berasal dari alam memang terkenal tahan api atau suhu yang panas.

  • Kekurangan

Karena Semi Wool sudah jarang diproduksi, maka harganya pun terbilang mahal di pasaran. Untuk itu, kain ini sering dikombinasikan dengan serat bahan lain, seperti sutra, kashmir, atau mohair untuk menimbulkan efek lembut, berkilau dan kokoh. Kalau sudah dicampur dengan bahan lain biasanya disebut Semi Wool.

2. High Twist

Bahan untuk membuat jas berikutnya adalah High Twist, yang terbuat dari serat sintetis atau buatan manusia. High Twist dibuat dari poliester dengan menggunakan proses industri yang canggih. Hasilnya, memiliki tekstur yang lebih halus dan mengkilap, sehingga cocok juga dijadikan sebagai bahan pembuatan jas.

  • Kelebihan

Tampilan jas dari bahan High Twist lebih mengkilap dan halus, sehingga tidak mudah kusut saat disetrika. Tak hanya itu saja, bahan ini juga mudah untuk dirawat dan dibersihkan. Biasanya, kain ini dipintal dengan teknik twill, sehingga memiliki bentuk diagonal.

  • Kekurangan

Kain High Twist rupanya cukup membuat gerah ketika digunakan, berbeda dari serat yang berasal dari alam. Oleh karena itu, kain ini kurang baik dalam menyerap air atau keringat.

Itulah kelebihan dan kekurangan kain Wool dan High Twist yang kerap dijadikan bahan untuk membuat jas, Anda lebih suka yang mana? Sebetulnya, untuk menggunakan bahan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan. Jika Anda memiliki budget yang tidak terlalu banyak, maka jas berbahan High Twist bisa menjadi alternatifnya. Tetapi, jika memiliki budget yang lebih dari cukup, maka silahkan gunakan kain Wool sebagai bahan dasar untuk pembuatan jas Anda.

Untuk memenuhi kebutuhan Anda membuat pakaian, terutama seragam dalam jumlah yang banyak PT Sansan Saudaratex Jaya bisa membantu. Dengan kapasitas produksi yang besar, kami mampu memproduksi kain sebanyak 2.000.000 meter/ bulan. Kami menerima pesanan berupa job order/makloon hingga CMT untuk proses sizing; RFD/PFD, Dyeing, bahkan hingga Finishing untuk semua jenis kain woven.

Tak hanya itu saja, kami juga sudah mengantongi sertifikat produksi yang memenuhi standar di tingkat nasional dan internasional dan sudah dipercaya sebagai mitra beberapa brand lokal ternama.

Silakan berkonsultasi untuk kebutuhan Anda sekarang, atau bisa menghubungi kami melalui link berikut ini untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut.

 

Sumber :

https://fitinline.com/article/read/rekomendasi-bahan-kain-yang-bagus-untuk-membuat-jas-dan-cara-mudah-merawatnya/

https://konveksidiamond.com/bahan-untuk-membuat-jas/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.