Manfaat Seragam Kerja Bagi Bisnis Anda

PTSansan.co.id – Menjalankan sebuah bisnis bersama puluhan hingga ratusan karyawan tentu kurang lengkap tanpa adanya seragam kerja. Mengapa? Sebab, pakaian seragam termasuk salah satu identitas perusahaan yang paling mudah dilihat orang. Tak hanya itu saja, masih ada banyak alasan lainnya mengapa Anda harus menerapkan kebijakan penggunaan seragam kerja bagi perusahaan yang Anda jalankan. Berikut manfaat seragam kerja bagi bisnis anda.

Foto : Unsplash
  • Membangun Citra Profesional

Manfaat seragam kerja yang paling utama adalah dari segi profesionalisme. Dengan adanya keseragaman pakaian, bukan hanya klien saja yang akan menganggap bahwa bisnis Anda lebih profesional, tetapi karyawan juga akan merasakannya. Penelitian menunjukkan bahwa para karyawan cenderung akan mengubah sikap dan pola pikir mereka saat sudah mengenakan seragam kerja. Penggunaan seragam kerja ini juga dapat memudahkan mereka untuk membedakan situasi, di mana saat sedang “bekerja” dan “tidak bekerja”.

  • Memperkuat Branding 

Pakaian kerja yang didesain secara khusus juga merupakan perpanjangan tangan bagi branding perusahaan Anda. Keberadaannya menunjukkan bahwa perusahaan Anda memberikan nilai dan pelayanan lebih kepada staf Anda. Selain itu, seragam kerja juga dapat memperkuat identitas perusahaan Anda di mata klien. Terlebih, dalam dunia bisnis, klien cenderung memilih merek yang dapat memberikan sentuhan emosional atau pribadi. Nah, jika seragam perusahaan Anda memiliki kesan positif di mata klien, kemungkinan besar mereka akan selalu mengingat brand perusahaan Anda.

  • Membangun Kekompakan Tim

Ketika sekelompok orang mengenakan jenis pakaian yang sama, mereka biasanya akan merasa menjadi bagian dari sebuah tim atau kelompok. Itulah manfaat seragam kerja yang berikutnya, yaitu mempererat jalinan kerja sama antar karyawan. Para karyawan akan merasa lebih diakui dan juga bangga karena dapat menjadi bagian dari perusahaan Anda. Selain itu, penggunaan seragam juga akan memberikan kemudahan untuk mengidentifikasi masing-masing individu.

  • Memperkuat Marketing

Meskipun sering tidak disadari, karyawan yang memakai logo perusahaan di seragam kerja mereka pada dasarnya adalah iklan berjalan. Maka dari itu, penggunaan seragam bisa menjadi salah satu strategi pemasaran yang tidak boleh Anda lewatkan. Dengan adanya seragam kerja, Anda dapat menunjukkan sekaligus mempromosikan bisnis Anda secara cuma-cuma. Klien pun seolah-olah diajak untuk menjadi bagian dari bisnis Anda.

  • Menghemat Waktu Operasional

Pakaian kerja yang dipersonalisasi secara khusus juga dapat menghemat waktu. Mengapa? Sebab, jika sebuah perusahaan tidak memiliki seragam khusus, akan ada kode berpakaian yang harus diterapkan. Ini berarti Anda harus meluangkan lebih banyak waktu untuk memutuskan apa saja ketentuannya. Lain halnya jika ada seragam kerja. Para karyawan tak perlu menghabiskan banyak waktu setiap paginya untuk memutuskan apa yang akan dikenakan untuk bekerja. Penggunaan seragam yang sudah diberi identitas juga dapat memperlancar komunikasi antar individu.

  • Menunjukkan Peran Kerja

Pada beberapa perusahaan, seperti hotel dan restoran, sangat penting untuk membagi peran karyawan berdasarkan posisi atau divisi yang mereka naungi. Hal ini ditujukan agar karyawan dapat memberikan pelayanan yang tepat kepada para pelanggan. Oleh karena itu, diperlukan identitas khusus yang dapat membedakan masing-masing individu. Itulah alasan mengapa kehadiran seragam kerja tidak bisa terlepas dari posisi atau jobdesk para karyawan.

  • Menjamin Keamanan Kerja

Nah, untuk poin yang terakhir, sebagian orang mungkin tidak menyadari bahwa mengenakan seragam juga dapat meningkatkan keamanan kerja. Jenis pekerjaan yang berbeda akan memiliki standar keamanan yang berbeda pula. Maka dari itu, perlu diberlakukan seragam kerja yang sesuai dengan keperluan masing-masing pekerjaan. Manfaat seragam kerja lainnya terletak pada faktor keamanan dari virus. Begitu karyawan meninggalkan tempat kerja, mereka akan langsung melepasnya dan mencuci pakaian tersebut.

Itulah beberapa manfaat seragam kerja karyawan bagi bisnis Anda. Nah, bagi Anda yang sedang mencari jasa pembuatan seragam kerja, kami PT. Sansan Saudaratex Jaya Divisi Tekstil menerima job order, makloon, atau CMT untuk semua proses pengerjaan yang ada di dalam fasilitas pabrik kami (mulai dari sizing, weaving, reactive dyeing, continuous vat dyeing hingga pigment dyeing). Mari konsultasikan kebutuhan seragam perusahaan Anda dan hubungi kami di halaman Kontak untuk pemesanan serta informasi lebih lanjut.

 

Sumber: Printsome

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.