Mengenal Jenis-Jenis Seragam Lapangan

PTSansan.co.id Pemilihan jenis pakaian lapangan tentunya tidak bisa dipandang sebelah mata. Selain dapat membantu meningkatkan produktivitas karyawan di tempat kerja, seragam yang tepat juga akan mendorong lingkungan kerja yang lebih aman. Perlu diingat bahwa tidak semua seragam kerja lapangan didesain sama. Ada beberapa contoh di mana pakaian keselamatan akan dibutuhkan, khususnya dalam pekerjaan berisiko tinggi, seperti mereka yang berada di bidang konstruksi. Yuk, mulai mengenal jenis-jenis seragam lapangan. Berikut rangkumannya.

  • Kemeja Polo Lapangan

Kemeja polo adalah seragam lapangan paling umum bagi mereka yang bekerja di luar ruangan, namun harus tetap terlihat kasual. Konsep kemeja polo yang memadukan kaos dan kerah menawarkan keseimbangan sempurna antara kenyamanan dan tampilan formal. Ini tentu berbeda dengan kemeja lengan panjang dan jas yang umumnya digunakan di lingkungan perkantoran. Bahan pilihan yang paling umum digunakan untuk kemeja polo adalah katun, yang terkenal akan kesejukan bahan, kehalusan, daya tahan, dan sirkulasi udaranya. Serat buatan juga cukup sering digunakan untuk kemeja polo.

  • Kemeja Kerja Lapangan

Kemeja kerja lapangan merupakan jenis seragam lapangan yang biasanya ditujukan bagi para pekerja lapangan yang pekerjaannya berkaitan dengan banyak peralatan. Seragam kerja lapangan biasanya dibuat dari bahan yang kuat dan tidak mudah sobek serta memiliki kekuatan dan kerapatan jahitan yang baik, hal tersebut mengingat pekerja lapangan selalu berkaitan dengan berbagai macam peralatan kerja. Kemeja kerja lapangan dipilih karena sifatnya yang nyaman saat digunakan dan dapat dengan mudah dipesan dan dikerjakan.

  • Kemeja PDL Fleece

Lebih dari sekadar awet, fleece merupakan pilihan yang sangat baik untuk seragam kerja lapangan karena sifatnya yang juga ramah lingkungan. Bahan fleece terkenal akan fleksibilitasnya karena tersedia dalam berbagai desain dan warna, tergantung pada kebutuhan perusahaan atau pemakainya. Wol atau bulu domba sendiri telah lama digunakan untuk pakaian luar ruangan karena kemampuannya menahan kondisi cuaca buruk. Campuran wol dan serat sintetis digunakan untuk jenis pakaian kerja lapangan yang satu ini.

  • Jaket Kerja Lapangan

Jaket kerja biasanya ini biasanya didesain berkantung banyak dengan tujuan agar lebih berfungsi maksimal untuk membawa atau menyimpan peralatan-peralatan yang dibutuhkan karyawan. Jaket kerja ini umumnya dibuat dari bahan yang susah sobek dan tahan dari segala cuaca serta water repellent atau tahan air, terutama bagi pekerja yang aktivitas pekerjaannya berhubungan dengan air, minyak, atau sejenisnya.

  • Coverall 

Coverall merupakan seragam kerja lapangan yang memiliki desain yang menggabungkan atasan dan bawahan menjadi satu. Coverall digunakan untuk menjaga tubuh dari kotoran dan tumpahan. Jenis seragam lapangan ini biasanya digunakan oleh para pekerja industri pertambangan, teknik konstruksi alat berat, otomotif, perminyakan dan yang sejenisnya. Karena ditujukan untuk pekerja di industri pertambangan, perminyakan, dan yang sejenisnya, coverall menggunakan bahan yang kuat seperti denim dan kain drill dan bahkan dilengkapi dengan fitur tahan api.

  • Rompi Safety

Rompi safety adalah salah satu jenis seragam kerja yang merupakan Alat Pelindung Diri (APD). Rompi Safety biasanya digunakan oleh para pekerja seperti pekerja tambang, operator kendaraan, pekerja operasi gudang, pekerja pemeliharaan jalan, polisi, pekerja parkir, dan lain-lain. Rompi safety terbuat dari bahan polyester yang sudah dirancang khusus dan dilengkapi dengan sebuah pemantul cahaya atau reflektor sehingga rompi safety bisa digunakan di siang dan malam hari.

  • High-Visibility Safety Apparel (HVSA)

High-visibility clothing merupakan pakaian keselamatan yang sangat penting bagi mereka yang bekerja di lingkungan gelap atau di malam hari. Misalnya, jika ada konstruksi di pinggir jalan, pekerja harus mengenakan rompi hi-vis, sehingga mudah dilihat bahkan dari jauh. Sesuai namanya, itu dibuat untuk peningkatan visibilitas penggunanya. Seragam kerja jenis ini umumnya tersedia dalam bentuk kaos oblong, jaket, coverall, dan bahkan topi.

Demikian penjelasan untuk mengenal jenis-jenis seragam lapangan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan Anda. Jika Anda mencari kemeja kerja dan jenis safety wear lainnya, Anda tidak perlu mencari lebih jauh. PT. Sansan Saudaratex Jaya Divisi Tekstil senantiasa menerima job order, maklun, atau CMT untuk semua proses pengerjaan tekstil yang ada di dalam fasilitas pabrik kami (mulai dari sizing, weaving, reactive dyeing, continuous vat dyeing hingga pigment dyeing). Mari konsultasikan kebutuhan Anda dan hubungi kami di halaman Kontak untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut. 

 

Sumber: 

Pewarta Indonesia

Coalface

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.