Pembuatan Seragam Kerja di PT. Sansan Saudaratex Jaya

PTSansan.co.id – Pemilihan jasa makloon seragam atau CMT (cut, make, trim) tentu tak boleh dilakukan dengan asal. Nah, untuk Anda yang sedang mencari jasa pembuatan seragam kerja dengan jaminan mutu tinggi, kami PT. Sansan Saudaratex Jaya Divisi Tekstil siap memenuhi kebutuhan Anda tersebut. Kualitas produk kami mampu memenuhi standar permintaan internasional berkat fasilitas teknologi intensif yang didukung oleh sumber daya yang juga handal. Ingin tahu lebih banyak tentang proses pembuatan seragam kerja di PT. Sansan Saudaratex Jaya Divisi Tekstil? Mari bersama-sama mengintip rincian prosesnya.

  • Sizing (Penganjian)

Tahapan pembuatan seragam kerja yang paling awal adalah sizing atau penganjian kain. Pada tahapan ini, benang diolah dengan mesin berkualitas tinggi agar bisa ditenun dengan baik. PT. Sansan Saudaratex Jaya Divisi Tekstil memiliki mesin sizing yang khusus diperuntukkan bagi benang-benang spun (benang-benang serat pendek), mulai dari Spun Poly, Katun, Rayon, Tetoron Cotton (65% Polyester + 35% Cotton), Tetoron Rayon (65% Polyester + 35% Rayon), dan CVC (45% Polyester + 55% Cotton). Kapasitas produksi mesin sizing kami mencapai 1.000.000 meter / bulan.

  • Pre-Treatment (Persiapan)

Setelah proses penganjian selesai, selanjutnya masuk ke tahapan pre-treatment. Dalam tahap ini, dilakukan beberapa proses, seperti misalnya full continuous desizing (penghilangan kanji), scouring (pencelupan dan pencapan), serta bleaching (pengelantangan untuk menghilangkan warna-warna yang ada pada bahan tekstil yang disebabkan oleh adanya pigmen-pigmen alam atau zat-zat lain). Proses ini menggunakan mesin eksklusif High Technology Perble-Range dari SANDO. Mesin ini mampu menghasilkan tekstur yang luar biasa dan produktivitas tinggi.dengan kapasitas produksi mencapai 3.000.000 meter/bulan. Setelahnya, dilakukan juga tahapan Mercerize Range (merserisasi) dengan menggunakan mesin Full Continuous Mercerize untuk menghasilkan kain yang berkualitas tinggi.

  • Dyeing (Pencelupan atau Pewarnaan)

Setelah kain dimerserisasi, barulah dilakukan pencelupan atau pewarnaan. Dengan menerapkan metode Continuous Dyeing, kapasitas celup di pabrik kami bisa mencapai 1.000.000 meter/bulan. Terlebih karena kami menggunakan mesin High Technology Padder Kuster. Dengan mesin ini, dilakukan Semi Continuous Dyeing (Cold Pad Batch/CPB). Penggunaan mesin ini dapat meningkatkan potensi perbaikan defleksi yang lebih tinggi pada dua gulungan kain. Dilakukan juga proses Discontinuous Dyeing (Jet Dyeing). Berbagai jenis bahan kain dapat dicelup menggunakan metode Jet Dyeing, seperti kain katun, T/C, Polyester, dan lain-lain. Kapasitas produksi mesinnya mencapai 500.000 meter/bulan.

  • Finishing (Tahap Akhir)

Tahapan terakhir adalah penyempurnaan tekstil atau biasa disebut finishing. Dalam proses finishing, dilakukan dua tahapan, yaitu penyempurnaan secara kimiawi dan mekanis. Pada proses finishing kimiawi, dipastikan bahwa kain yang diproduksi layak guna, dapat dicuci, noda dapat hilang dengan mudah, memiliki ketahanan terhadap api dan air, dengan standard soft finish. Sementara itu, melalui finishing mekanis, dilakukan sueding (penghalusan), sanforizing (memastikan tahan kusut), dan carbon brushing.

  • Tahap Uji Laboratorium

Setelah tahap finishing, untuk menjamin kualitas kain yang diproduksi, kami melakukan pengujian di laboratorium. Perusahaan kami didukung dengan sarana laboratorium yang lengkap yang dapat memenuhi tiap ketentuan standar kualitas dari pelanggan. Laboratorium kami  dilengkapi dengan Computerized Data Colour (Tipe S-600, dibuat di Amerika Serikat) yang digunakan dalam pencampuran warna serta Test Equipment (alat uji) lainnya. Dilengkapi juga dengan Mini Dyeing Machine (Mesin Pencelupan), Light Box “Gretag Macbeth” (Tipe: CBH13 – Spectra Light III/1.0-99-10, dibuat di Amerika Serikat), dan Smart Liquor.

  • Pengolahan Air Limbah

Selanjutnya, sebagai komitmen kami terhadap keberlanjutan lingkungan, proses pembuatan seragam kerja PT. Sansan Saudaratex Jaya Divisi Tekstil tidak hanya berhenti menjadi limbah. Setiap tetes air yang keluar dari instalasi pengolahan air limbah kami dipastikan telah melewati proses daur ulang dan memenuhi standar baku mutu sehingga dapat dipergunakan kembali untuk menjaga keseimbangan sumber air.

Itulah serangkaian proses pembuatan seragam kerja di PT. Sansan Saudaratex Jaya Divisi Tekstil. Sebagai bentuk kerja sama dengan Anda sebagai customer, kami senantiasa menerima job order, makloon, atau CMT untuk semua proses pengerjaan tekstil yang ada di dalam fasilitas pabrik kami (mulai dari sizing, weaving, reactive dyeing, continuous vat dyeing hingga pigment dyeing). Mari konsultasikan kebutuhan Anda dan hubungi kami di halaman Kontak untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut. 

 

Referensi: Miwitiingsun, Textile Reference

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.