Pentingnya Sustainability dalam Industri Tekstil

pt.sansan – Memasuki era Industri 4.0, kesadaran akan nilai-nilai sustainability semakin meningkat, termasuk dalam dunia industri tekstil. Sustainability yang dimaksud di sini bukan hanya mengenai pelestarian lingkungan saja, tetapi mencakupi seluruh faktor yang berperan dalam terciptanya keberlanjutan perusahaan. Faktor-faktor tersebut meliputi keberlanjutan lingkungan, sumber daya manusia, ekonomi, dan berbagai hal lainnya. Namun, seberapa penting sustainability dalam industri tekstil? Inilah beberapa alasan yang perlu Anda ketahui. 

  • Bentuk Tanggung Jawab 

Alasan utama diterapkannya nilai-nilai sustainability dalam industri tekstil adalah sebagai bentuk tanggung jawab para pelaku bisnis. Dengan menerapkan sistem yang berkelanjutan, industri tekstil memastikan bahwa semua komponen yang terlibat, mulai dari fasilitas, produk yang dihasilkan, hingga kesejahteraan sumber daya manusianya, dijalankan dengan penuh tanggung jawab. Prosedur ini dilaksanakan agar industri tekstil menjadi lebih bersih, lebih aman, lebih ramah lingkungan, dan lebih bertanggung jawab.

  • Mencegah dan Meminimalisir Sebab Akibat

Penerapan nilai-nilai berkelanjutan juga menjadi upaya untuk mencegah serta meminimalisir dampak yang dihasilkan industri tekstil. Upaya yang paling umum diterapkan adalah dengan reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali), dan recycle (mendaur ulang) sebanyak mungkin komponen yang digunakan. Fasilitas yang dikelola tidak boleh menghasilkan limbah yang beracun dan berdampak buruk pada lingkungan. Tak hanya dari segi lingkungan saja, industri yang berkelanjutan pun akan memastikan bahwa keamanan para tenaga kerja dijamin semaksimal mungkin.

  • Meningkatkan Kesadaran

Dengan semakin gencarnya penerapan nilai-nilai sustainability dalam industri tekstil, maka secara tak langsung, kesadaran masyarakat akan kesejahteraan Bumi juga akan semakin meningkat. Terjadinya perubahan iklim menjadi bukti bahwa nilai-nilai keberlanjutan harus segera diterapkan oleh semua pihak, termasuk industri tekstil. Saat ini, sudah semakin banyak kalangan umum yang paham akan pentingnya keberlanjutan dan berusaha mencari cara agar hal tersebut dapat terwujud. 

  • Menyejahterakan Masyarakat

Pada akhirnya, industri tekstil yang berkelanjutan akan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat luas, termasuk para tenaga kerja yang terlibat. Dengan mengedepankan pelestarian lingkungan dan pengembangan ekonomi yang sesuai standar, masyarakat di sekitar fasilitas akan memperoleh dampak baiknya. Hal ini dimulai dari penerapan sistem dan program yang menjamin kesejahteraan para tenaga kerja. Industri tekstil pun harus giat menjalankan kepatuhan sosial yang akan menjadi ujung tombak keberlanjutan bisnisnya.

  • PT. Sansan Saudaratex Jaya Senantiasa Mengedepankan Nilai-Nilai Sustainability

Sebagai perusahaan garmen dan tekstil yang telah dipercaya di tingkat nasional maupun mancanegara, PT. Sansan Saudaratex Jaya senantiasa bertanggung jawab terhadap nilai-nilai keberlanjutan. Melalui program yang kami upayakan, perusahaan kami telah memperoleh berbagai sertifikat yang menjamin keberlanjutan bisnis PT. Sansan Saudaratex Jaya.

Kami pun senantiasa menjalankan kepatuhan sosial, yang berarti kami melakukan kegiatan sesuai dengan persyaratan hukum dan standar pembeli yang dipantau oleh petugas kepatuhan. Sebagai komitmen kami terhadap keberlanjutan lingkungan, proses produksi di PT. Sansan Saudaratex Jaya tidak hanya berhenti menjadi limbah. Setiap tetes air yang keluar dari instalasi pengolahan air limbah kami dipastikan telah melewati proses daur ulang dan memenuhi standar baku mutu sehingga dapat dipergunakan kembali untuk menjaga keseimbangan sumber air.

Jadi, Anda tak perlu ragu untuk bermitra di bidang garmen dan tekstil bersama PT. Sansan Saudaratex Jaya. Kami menerima job order, makloon, atau CMT untuk semua proses pengerjaan yang ada di dalam fasilitas pabrik kami (mulai dari sizing, weaving, reactive dyeing, continuous vat dyeing hingga pigment dyeing). Mari konsultasikan kebutuhan seragam perusahaan Anda dan hubungi kami di halaman Kontak untuk pemesanan serta informasi lebih lanjut. 

 

Sumber: Fibre2Fashion

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.