Tips Memilih Bahan Seragam Kerja

PTSansan.co.id – Pembuatan seragam untuk kebutuhan pekerjaan tentu harus memperhatikan berbagai hal. Mengapa? Sebab, melalui seragam yang berkualitas, akan tercipta sebuah nilai serta kepercayaan terhadap perusahaan yang Anda jalankan. Tak hanya itu, seragam yang baik juga dinilai dapat meningkatkan produktivitas kerja. Maka dari itu, sebelum melakukan produksi seragam, berikut kami rangkum panduan memilih bahan seragam serta beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan.

Foto : Pixabay
  • Kenyamanan

Kenyamanan adalah prioritas utama saat memilih bahan seragam. Kain yang nyaman umumnya memiliki kelembutan tersendiri dan dapat memberikan kesejukkan. Ciri-ciri utama lainnya yang dapat memengaruhi kenyamanan pakaian seragam adalah sifat drapability dan kekakuan kain. Pada akhirnya, faktor kenyamanan harus dapat disesuaikan dengan jenis pekerjaan, cuaca, serta lingkungan kerja.

  • Ketahanan

Meskipun kenyamanan adalah prioritas nomor satu, daya tahan juga tak kalah penting. Kain seragam diharapkan memiliki ketahanan yang baik karena akan dipakai berulang-ulang selama bertahun-tahun .Ketahanan bisa dilihat dari ketebalan kain, teknik tenun, dan lain-lain. Kain yang lebih tebal umumnya akan menawarkan daya tahan yang lebih tinggi. Ketahanan kain seragam dapat disesuaikan dengan waktu dan durasi pemakaiannya.

  • Warna

Ketajaman warna dan ketidaklunturan adalah dua faktor lainnya yang perlu Anda perhatikan. Jangan pernah meremehkan kekuatan warna. Jika kain yang Anda pilih kurang bagus dalam mengunci warna, hal ini akan mempersulit karyawan untuk merawat seragam mereka dengan benar. Selain itu, pilihlah juga warna yang tampak profesional dan dapat menyokong sebagian besar bentuk serta warna kulit: misalnya biru tua, abu-abu, atau hitam. 

  • Mudah Dicuci

Kain seragam juga harus mudah dicuci. Tidak hanya harus dapat menghilangkan noda dan kotoran lainnya dengan mudah saja, kain yang dipilih untuk bahan seragam juga harus dapat dicuci berulang kali. Selain itu, kain dan warnanya harus tahan terhadap semua siklus pencucian. Pastikan juga kain seragam dapat dicuci secara bersamaan dengan pakaian sehari-hari.

  • Perlindungan terhadap Sinar UV

Perhatikan juga ketahanan seragam terhadap sinar UV dari paparan sinar matahari. Meskipun sebagian besar serat dapat menyerap radiasi UV secara alami, serat sintetis seperti polyester dan nilon bisa dikatakan lebih protektif terhadap sinar UV. Selain itu, pertimbangkan juga gramasi dan kepadatan kain. Kain katun yang ringan dan tipis, contohnya, cenderung rentan terhadap paparan UV dibandingkan dengan kain denim yang tebal.

  • Lingkungan Kerja

Lingkungan kerja juga menjadi salah satu kunci dalam memilih bahan seragam. Pemilihan bahan seragam untuk jenis pekerjaan di dalam serta luar ruangan tentu akan berbeda. Pertimbangkan terlebih dahulu mobilitas karyawan dan area tempat kerja sebelum memutuskan kain apa yang terbaik untuk setiap situasi. Kain campuran katun dan polyester bisa jadi pilihan terbaik untuk penggunaan seragam yang lebih fleksibel.

  • Style

Saat memilih bahan seragam, penting juga untuk diingat bahwa semakin menarik dan stylish seragam tersebut, semakin besar kemungkinan staf Anda akan memperlakukannya dengan hati-hati. Hal ini juga akan meningkatkan kebahagiaan dan produktivitas. Jadi, pertimbangkan juga kebutuhan dan gaya berpakaian karyawan Anda pada umumnya.

Setelah semua faktor di atas dipertimbangkan, barulah Anda dapat memutuskan bahan seragam apa yang akan Anda pilih. PT. Sansan Saudaratex Jaya Divisi Tekstil siap menjawab kebutuhan Anda perihal pembuatan seragam berkualitas terbaik. Didukung dengan teknologi intensif (mesin-mesin continuous process), teknologi tekstil know-how yang sesuai, serta sumber daya manusia yang berkualitas, kami dikenal dengan kualitas produk yang memenuhi standard requirement buyer-buyer nasional maupun internasional.

Dengan kapasitas produksi Dyeing Finishing PT. Sansan Saudaratex Jaya Divisi Tekstil yang mencapai 2.000.000 meter/bulan, kami terbuka untuk menerima setiap Job Order/Makloon/CMT untuk proses Sizing, RFD/PFD, Dyeing, dan Finishing untuk semua jenis kain woven. Spesialisasi dari produk kami adalah kain-kain seragam (Cotton, TC/TR) yang memerlukan kestabilan warna dalam quantity yang besar dan memiliki daya tahan cuci yang tinggi (menggunakan metode Vat Dyeing/Bejana). Segera hubungi kami di halaman kontak untuk pemesanan serta informasi lebih lanjut. 

 

Sumber: Corporate Uniforms

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.