Trik Sederhana Mencuci Seragam Kantor

PTSansan.co.id Seragam kerja tentunya tidak bisa disamakan dengan pakaian yang biasa kita gunakan untuk kegiatan sehari-hari, apalagi perihal pencuciannya. Berbeda bahan berarti berbeda pula cara mencucinya. Selain itu, karena seragam kerja biasanya dijatah oleh perusahaan, Anda tentu harus merawatnya dengan baik agar awet dan tahan lama. Semua tergantung dari cara Anda mencucinya. Tak perlu bingung, Anda bisa mempraktekkan beberapa trik sederhana mencuci seragam kantor dari kami.

  • Biasakan Mencucinya

Kunci yang paling utama adalah menjadikan kegiatan mencuci seragam kantor sebagai bagian dari rutinitas mingguan Anda. Kemungkinan besar Anda memiliki setidaknya 2 atau mungkin 3 seragam sehingga Anda akan selalu memiliki cadangan ketika pakaian lainnya sedang dicuci atau dijemur. Oleh karena itu, mulai biasakanlah rutinitas ini, maka Anda akan terselamatkan dari noda membandel serta kerutan yang mampu mengurangi usia seragam kerja Anda.

  • Kenali Jenis Kain dan Cara Mencucinya

Proses mencuci seragam kantor juga sangat bergantung pada bahan kainnya. Anda harus mengikuti petunjuk pencucian yang tertera pada label pakaian. Namun, jika masih ragu, Anda dapat mengingat beberapa panduan dasar ini.

  • Katun: katun termasuk bahan kain yang mudah kusut saat dicuci. Pencucian dengan mesin dingin atau pencucian manual hangat sangat dianjurkan. Akan tetapi, katun masih dapat tetap mentolerir suhu tinggi untuk menghilangkan noda dan bakteri. Jika Anda memiliki pengaturan anti kusut pada mesin cuci Anda, pergunakanlah fasilitas tersebut. Selain itu, karena warna gelap cenderung mudah luntur pada suhu yang lebih tinggi, hindari mencuci kain katun berwarna gelap di air panas dengan pakaian lain yang berwarna lebih terang. Terakhir, sebaiknya gunakan setrika uap untuk menyetrikanya. Warna katun dapat memudar jika disetrika pada suhu yang sangat panas.
  • Polyester: polyester adalah bahan yang benar-benar bebas kusut dan sangat cepat kering. Hindari mencuci seragam polyester dalam suhu tinggi. Dianjurkan suhu kurang dari 40 derajat. Warna gelap pada kain polyester biasanya lebih jarang luntur jika dibandingkan katun murni saat terkena suhu yang lebih tinggi. Meskipun begitu, suhu panas tetap dapat membuat kain polyester cepat aus. Saat menyetrikanya, gunakan setrika hangat tapi tidak terlalu panas untuk menghilangkan kusut. 
  • Polycotton (campuran polyester dan katun): bahan ini menawarkan nilai terbaik dari kedua bahan yang sudah disebutkan sebelumnya. Komposisi polycotton yang tepat (lebih banyak komposisi katunnya daripada polyester) tidak akan mudah kusut seperti katun dan juga tidak akan menyusut. Polycotton juga dapat mempertahankan bentuknya dengan baik jika dicuci dengan air hangat atau panas. Bahkan, beberapa jenisnya cukup kuat untuk menahan cucian industri, lho. Nah, gunakan setrika hangat untuk menghilangkan kusut pada kainnya.
  • Wol: untuk bahan seragam kantor yang satu ini, jangan pernah menggunakan mesin untuk mencucinya. Idealnya, dapatkan pakaian kering profesional dari wol. Jika label tidak memberi petunjuk, Anda dapat mencoba mencuci tangan dengan air dingin. Wol tidak akan merespons proses penyetrikaan dengan baik. Jadi, cobalah menyetrika secara tidak langsung dengan meletakkan lapisan kain di antara pakaian dan alat setrika.
  • Pisahkan Seragam Gelap dan Terang

Pisahkan warna gelap dan terang. Seragam dengan warna tertentu cenderung lebih mudah luntur atau terkena bleeding. Anda dapat mengurangi dampak pencucian ini dengan cara membilasnya dengan air hangat sampai air menjadi jernih. Jika Anda harus menggunakan mesin, letakkan seragam berwarna terang dan gelap pada muatan terpisah dan lepaskan pakaian segera setelah siklus pencucian selesai. Jika tidak, pakaian akan kusut parah atau bahkan luntur.

  • Hindari Pelembut, Gunakan Pemutih

Tips mencuci seragam kantor yang berikutnya adalah dengan menghindari cairan pelembut kain saat mencucinya. Sebab, pelembut dapat mencegah deterjen dalam membasmi noda dan kotoran. Sebaliknya, pemutih cukup dianjurkan untuk pencucian seragam kantor dan dapat dimanfaatkan untuk menjaga seragam Anda agar lebih tahan lama.

  • Tips Menjemur Seragam Kantor

Setelah semua proses pencucian selesai dilakukan, biarkan seragam Anda dijemur secara menggantung di udara terbuka untuk hasil terbaik. Jangan lupa mengeringkan seragam kantor terlebih dahulu, baik dengan cara diperas maupun dengan menggunakan mesin pengering. Jemurlah di bawah sinar matahari untuk hasil yang lebih maksimal.

Itulah beberapa trik sederhana mencuci seragam kantor yang dapat Anda coba di rumah. Bagi Anda yang sedang berencana membuat seragam kantor ataupun jenis pakaian lainnya, mari konsultasikan kebutuhan Anda bersama kami di PT. Sansan Saudaratex Jaya Divisi Tekstil. Kapasitas produksi mesin kami dapat mencapai 3.000.000 meter/bulan sehingga akan mampu memenuhi berbagai kebutuhan Anda. Segera hubungi kami di halaman Kontak untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut. 

 

Sumber: WikiHow

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.