4 Jenis Makloon dalam Dunia Tekstil

pt.sansan – Siapa yang belum tahu apa itu makloon dalam industri tekstil? Seperti yang telah kami bahas di artikel sebelumnya, makloon merupakan jenis produksi di mana vendor hanya melakukan proses produksi tertentu, sedangkan bahan disediakan sendiri oleh pembeli. Jasa makloon sendiri banyak dipilih karena terbukti dapat memangkas biaya produksi dan meningkatkan jaminan mutu. Namun, Anda mungkin masih bertanya-tanya, jasa apa saja yang bisa dimakloonkan dalam industri tekstil? Mari simak empat jenis makloon yang umumnya bisa Anda pilih.

  1. Makloon Sablon

Makloon sablon dapat didefinisikan sebagai jasa atau pekerjaan di mana vendor hanya berfokus pada desain dan pengisian gambar atau medium untuk bahan kaos, tas, jaket, seragam kerja, dan lain-lain. Perhitungan jasa makloon sablon biasanya tergantung oleh banyaknya warna dan jumlah bahan kaos yang akan disablon.

  1. Makloon Bordir

Jenis makloon yang selanjutnya adalah makloon bordir. Hampir serupa dengan makloon sablon, makloon bordir merupakan penawaran jasa bordir untuk bahan kaos polo atau kaos kerah seperti polyester dan pique yang dikerjakan oleh pihak ketiga atau pemilik alat produksi. Meski terlihat simpel, jasa makloon bordir ternyata banyak diminati oleh pasar.

  1. Makloon Jahit

Makloon jahit atau juga dikenal sebagai CMT (cut, make, trim) merupakan salah satu bentuk kerja sama dengan pihak ketiga yang terkait dengan kegiatan menjahit. Jasa yang ditawarkan biasanya berupa penawaran full service atau sebagian yang dihitung berdasarkan tingkat kesulitan desain baju, mulai dari pola, pemotongan pola, proses jahit, finishing, dan packing. 

  1. Makloon Press

Terakhir, ada makloon press. Jenis makloon yang satu ini menawarkan jasa pengisian gambar pada produk. Permintaan ini diproses dengan melakukan finishing press transfer paper ataupun sablon tinta plastisol dengan bahan kaos 100% katun. Jasa makloon press banyak dipilih dalam pembuatan kaos untuk event tertentu. 

Demikian penjelasan singkat tentang beberapa jenis makloon yang ada di dunia tekstil. Jika Anda berminat memproduksi pakaian, celana, seragam, atau jaket dengan jasa makloon, PT. Sansan Saudaratex Jaya Divisi Tekstil siap menjawab kebutuhan Anda. Dengan kapasitas produksi Dyeing Finishing PT. Sansan Saudaratex Jaya yang mencapai 2.000.000 meter/bulan, kami terbuka dan menerima setiap Job Order/Makloon/CMT untuk proses Sizing, RFD/PFD, Dyeing, dan Finishing untuk semua jenis kain woven. 

Spesialisasi dari produk kami adalah kain-kain seragam (Cotton, TC/TR) yang memerlukan kestabilan warna dalam quantity yang besar dan memiliki daya tahan cuci yang tinggi (menggunakan metode Vat Dyeing/Bejana). Selain itu, kami pun ahli dalam memproses kain-kain celana (kain-kain bergramasi tinggi) yang memiliki efek Stretch. Segera hubungi kami di halaman kontak untuk pemesanan serta informasi lebih lanjut.

 

Sumber: Fitinline

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.