Cara Tepat Merawat Seragam PDL Atau PDH

PTSansan.co.id – Semua pasti setuju, apabila seragam dirawat dengan tepat, maka masa pakainya pun dapat meningkat secara signifikan. Nah, selain dapat menunjang kenyamanan pekerjaan lapangan, hal ini juga tentunya dapat menghemat pengeluaran Anda. Untuk itu, ada baiknya Anda mulai mencari tahu cara tepat merawat seragam PDL atau PDH (Pakaian Dinas Harian) yang Anda miliki. Kami telah mengumpulkan tips terbaik untuk ketahanan maksimal dari seragam kerja Anda.

  • Memilih Seragam PDL yang Tahan Lama

Saat membeli seragam kerja baru, kualitas dan daya tahan harus selalu menjadi pertimbangan utama. Seragam berkualitas buruk tidak akan berumur panjang, meskipun Anda sudah mencurahkan seluruh waktu Anda untuk merawatnya. Untuk itulah, memilih pakaian kerja menjadi tahapan pertama dalam merawat seragam PDL. Selain menentukan bahan yang berkualitas, pemilihan seragam lapangan yang cermat juga mencakup pemilihan ukuran yang tepat. Jika Anda membeli atau membuat seragam yang ukurannya tidak pas, Anda pasti cenderung lebih cepat menggantinya.

  • Perhatikan Instruksi Mencuci

Paparan minyak, noda, dan debu secara terus menerus dapat merusak fitur pelindung pakaian kerja Anda dengan cepat. Inilah mengapa proses pencucian menjadi tahapan yang sangat penting untuk merawat seragam PDL. Sebelum mencuci pakaian, selalu periksa label perawatan dan petunjuk pabriknya. Tak hanya itu, untuk meminimalisir kerusakan garmen selama pencucian, tutup semua resleting, buka semua kancing, periksa kantong dan saku, dan ratakan kerah dan ujung lengan. Balik juga pakaian untuk mengurangi kemungkinan abrasi atau pudarnya bagian luar seragam. Selain itu, pemilihan deterjen yang sesuai juga sangat penting. 

  • Mencuci Seragam secara Optimal

Setelah Anda melakukan semua persiapan yang diperlukan sebelum mencuci pakaian, Anda perlu memilih siklus pencucian yang sesuai. Air panas yang berlebihan dapat menyebabkan penyusutan dan pemudaran pada seragam Anda. Pencucian panas juga cenderung menguras lebih banyak energi. Oleh karena itu, pastikan pencucian selalu berada pada suhu 40 °C atau di bawahnya jika memungkinkan. Terakhir, hindari pengeringan dengan mesin, terutama jika petunjuk pencucian tidak menyarankannya. Solusinya, gantung pakaian yang baru dicuci di tempat yang hangat dan kering, namun jauhkan dari paparan langsung sinar matahari.

  • Selalu Periksa Kerusakan pada Seragam

Agar seragam PDL tetap awet, Anda juga harus selalu memeriksa keausan pakaian dan peralatan, baik sebelum dan sesudah digunakan. Anda juga harus melaporkan kerusakan apapun sesegera mungkin. Ini sangat penting terutama bagi Anda yang menggunakan APD. Perbaiki kerusakan sekecil apapun sebelum pada akhirnya seragam tak dapat diperbaiki lagi. Kerusakan seragam yang paling sering terjadi adalah robek atau terdapat kancing yang hilang. Nah, kalau sudah begini, Anda pasti setuju kan kalau biaya pengeluaran akan jauh lebih hemat untuk merawatnya daripada membuang dan menggantinya secara tergesa-gesa.

  • Menyimpan Seragam dengan Benar

Cara merawat seragam PDL yang berikutnya adalah dengan menyimpannya di tempat yang kering dan bersih dengan cukup ruang untuk menggantungnya.. Jika pakaian basah dibiarkan terlipat, kain berisiko rusak atau berbau apek. Selain itu, jangan pernah menyimpan seragam di bawah sinar matahari langsung atau membiarkan pakaian terkena sumber sinar UV lainnya. Hindari juga menyimpan pakaian kerja di dekat bahan kimia, minyak, atau zat berbahaya lainnya. Penyimpanan pakaian kerja yang benar tentunya dapat meningkatkan daya pakai, keamanan, dan umur panjang.

  • Kapan Harus Mengganti Seragam PDL?

Terlepas dari semua upaya terbaik Anda untuk merawat seragam PDL dan PDH, pada akhirnya, baju kerja tersebut perlu diganti juga. Nah, penting bagi Anda untuk mengetahui kapan harus menggantinya. Anda harus segera menggantinya jika ada kerusakan yang sudah tidak bisa diperbaiki. Anda juga harus menggantinya jika pakaian sudah sangat kotor dan pembersihan tidak lagi berdampak signifikan. Anda juga harus memperhatikan umur simpan pakaian APD yang Anda miliki, karena jika telah melebihi waktunya, sudah saatnya Anda mengganti seragam kerja yang Anda miliki dengan yang baru.

Itulah beberapa cara tepat merawat seragam PDL yang dapat Anda coba di rumah. Bagi Anda yang sedang berencana membuat seragam PDL ataupun jenis seragam perusahaan lainnya, mari konsultasikan kebutuhan Anda bersama kami di PT. Sansan Saudaratex Jaya Divisi Tekstil. Kapasitas produksi mesin kami dapat mencapai 3.000.000 meter/bulan sehingga akan mampu memenuhi berbagai kebutuhan Anda. Segera hubungi kami di halaman Kontak untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut. 

 

Sumber: WiseWorkSafe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.