Katun Poplin vs Twill, Mana Yang Paling Sesuai Dengan Kebutuhanmu?

pt.sansan ‒ Kain Katun memang cocok digunakan sebagai bahan untuk membuat berbagai jenis pakaian mulai dari kemeja, gamis hingga celana. Selain bahannya yang halus dan lembut, kain Katun juga terkenal karena sejuk ketika digunakan sehingga dapat menyerap keringat. Oleh karena itu, Kain Katun biasanya paling banyak diburu oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan akan pakaian mereka. 

Foto : Unsplash

Namun, tahukah Anda bahwa kain Katun terbagi menjadi dua jenis, ada Poplin dan Twill. Diantara Katun Poplin vs Twil sebenarnya jenis katun mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Berikut keunggulan dan kekurangan dari masing-masing jenis kain Katun yang wajib Anda ketahui sebelum membelinya. 

  • Poplin 

Foto : Unsplash

Nama Poplin diambil dari ciri  khas desain pola kain Katun, yakni 133×72. Angka ini artinya, setiap 1 inchi pada kain Katun terdapat 133 helai benang lusi dan 72 helai benang pakan. Katun Poplin juga dibuat dengan menerapkan teknik anyaman model plat atau polos. 

– Kelebihan 

Kain Katun Poplin memiliki tekstur kain yang halus dan lembut, karena benangnya cukup rapat dan permukaannya rata. Selain itu, kain ini sangat sejuk saat digunakan sehingga dapat menyerap keringat dan membuat nyaman. 

Tak hanya itu, kain Poplin juga tidak mudah luntur sehingga warnanya awet meski dicuci berkali-kali. Poplin memiliki massa yang cukup ringan, jadi mudah untuk didesain bahkan disetrika. Anda tak perlu repot menggunakan pelicin pakaian.

– Kekurangan

Kain Poplin termasuk ringan dan tipis, sehingga  kurang cocok jika digunakan saat musim dingin. Selain itu, benangnya yang rapat membuat Poplin tak memiliki tekstur lentur sehingga tampak kaku. 

  • Twill

Foto : Unsplash

Jenis kain Katun berikutnya adalah Twill. Sama seperti Poplin, kain ini memiliki kerapatan benang yang cukup padat tetapi cukup lentur sehingga lebih mudah untuk didesain atau dibentuk. Teknik anyaman yang umum diterapkan pada kain ini adalah 2/1 atau 3/1. Komposisi pembuatan katun Twill adalah Katun alami ditambahkan dengan Polyester. Berikut hal yang harus kamu ketahui sebelum memilih kain katun Poplin vs Twill!

– Kelebihan

Selain mudah dibentuk, Katun Twill rupanya memiliki tekstur kain yang kuat sehingga cocok digunakan sebagai bahan seragam kantor dan lapangan. Bukan hanya itu saja, kain ini juga kerap digunakan sebagai bahan celana jeans dan kaos polo yang terkenal akan ketebalannya. Berbeda dengan Poplin, kain ini justru sangat cocok digunakan saat musim dingin. Kain Twill terbagi menjadi beberapa jenis di antaranya Natural Twill, Synthetic Twill, Broken Twill. 

– Kekurangan

Katun Twill memiliki massa yang lebih berat dibandingkan dengan Poplin, sehingga agak sulit diatur ketika disetrika. Walau begitu, kain Twill diklaim paling unggul dari jenis kain lainnya. 

Itulah perbedaan kain Katun Poplin vs Twill yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan, apalagi untuk seragam. Agar kebutuhan Anda terpenuhi, PT Sansan Saudaratex Jaya menyediakan berbagai jenis kain dengan kualitas terbaik, termasuk untuk membuat seragam.

Ditunjang oleh teknologi tekstil yang sesuai dengan zaman dan sumber daya manusia yang berkualitas, kami dipercaya mampu memproduksi pakaian seragam paling baik. Bukan hanya itu saja, kami juga sudah lulus sertifikasi yang memenuhi standar produksi pada skala nasional dan mancanegara.

Dengan kapasitas produksi Dyeing Finishing, PT Sansan Saudaratex Jaya dapat memproduksi 2.000.000 meter/ bulan. Kami menerima pesanan berupa job order/makloon hingga CMT untuk proses sizing; RFD/PFD, Dyeing, bahkan hingga Finishing untuk semua jenis kain woven

Silakan berkonsultasi untuk kebutuhan Anda sekarang, atau bisa menghubungi kami melalui link berikut ini untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut. 

 

Sumber :

https://fitinline.com/article/read/kenali-kelebihan-dan-kekurangan-kain-katun-poplin/

https://www.ptsansan.co.id/bahan-yang-bagus-untuk-seragam/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.