Kriteria Seragam Karyawan Yang Baik

PTSansan.co.id – Bila Anda seorang pebisnis dan pemilik perusahaan, kemudian terbesit rencana membuat seragam untuk karyawan, pastinya kerap dibuat berpikir tujuh keliling, kan? Pasalnya, seragam yang digunakan oleh karyawan suatu perusahaan akan mencerminkan citra perusahaan itu sendiri.

Foto : Unsplash

Untuk itu, Anda dituntut untuk mempersembahkan yang terbaik untuk karyawan, dengan memastikan seragam pilihan Anda sudah tepat. Oleh karena itu, seluruh elemen perusahaan, termasuk karyawan harus dipastikan bisa mencerminkan karakter perusahaan yang Anda pimpin. Jika Anda bingung harus  memulai dari mana, coba intip 5 kriteria seragam karyawan yang baik berikut ini yang harus diperhatikan saat membuat seragam untuk karyawan.

  • Tampilan Profesional

Aspek pertama yang menjadi penentu seragam karyawan yang baik adalah citra profesional yang dihadirkan melalui tampilan seragam. Pasalnya, seragam kerja ini membawa citra perusahaan. Anda harus bisa memilih model yang merepresentasikan bisnis yang sedang dijalankan.

Bahkan, untuk profesi yang sering dianggap enteng, seperti pelayan atau staf layanan pun harus diperhatikan. Sebab, merekalah garda terdepan bagi bisnis yang Anda jalankan. Sama halnya dengan perawat di suatu rumah sakit. Bukan hanya sang dokternya saja yang memakai pakaian yang mencerminkan tenaga kesehatan, perawatnya pun demikian.

  • Bahan Kain yang Tepat

Kriteria berikutnya adalah pemilihan bahan seragam yang tepat dengan jenis pekerjaan. Misalnya saja seragam untuk guru, yang pada dasarnya banyak bergerak dari satu kelas ke kelas lain. Maka, pilihlah bahan katun yang nyaman, dengan model yang tidak menyulitkan ruang geraknya.

Contoh lain, misalnya saja seragam untuk teknisi lapangan yang mengharuskan mereka menggunakan bahan lebih sejuk dan menyerap keringat, mengingat mobilitas mereka lebih banyak di luar ruangan kantor. Begitu pun jika Anda mengakomodir karyawan yang kerjanya di lapangan, maka pilihlah bahan yang tahan lama dan protektif. Seragam lapangan harus memiliki bahan yang kuat, mengingat cuaca di luar pun berubah-ubah.

  • Faktor Keamanan

Faktor keamanan juga termasuk ke dalam kriteria seragam karyawan yang baik yang mesti diperhatikan dengan cermat. Untuk diketahui, pada perusahaan tertentu, sampai ada tim khusus yang menilai apakah seragam perusahaan layak pakai atau tidak. Jangan sampai karyawan menjadi kesulitan gara-gara seragam, kemudian kinerja mereka pun menjadi imbasnya. Misalnya saja, pakaian petugas kebakaran akan berbeda dengan petugas kesehatan, begitu juga dengan seragam chef, yang mempunya model seragamnya tersendiri.

  • Memberikan Kenyamanan

Selain harus aman, kenyamanan pun kriteria penting dalam pembuatan seragam karyawan. Jika kebanyakan karyawan memiliki mobilitas yang tinggi, serta aktivitas yang padat, sebaiknya Anda mendesain seragam yang longgar agar memudahkan mereka bergerak bebas. Pasalnya, seragam yang terlalu ketat akan membatasi ruang geraknya dan justru tidak fokus bekerja.

Sebaliknya, apabila kebanyakan karyawan bekerja di ruangan, maka Anda bisa mendesain pakaian yang rapi, formal, atau freestyle pun bisa. Biasanya, ini berlaku perusahaan start-up, di mana karyawannya kerap menggunakan pakaian casual namun tetap sopan.

  • Pilihan Warna

Warna bukan hanya mencerminkan ciri khas perusahaan, tetapi juga citra merek secara keseluruhan. Cobalah untuk mereset terlebih dahulu sebelum memesan seragam, apalagi jika ingin mengkombinasikan lebih dari satu warna.

Sebagai contoh, warna yang diterapkan pada seragam maskapai. Apabila Anda sering mencermati, mulai dari simbol atau lambang penerbangan hingga pramugari dan pramugaranya mengenakan pakaian dengan warna yang senada, kecuali untuk pilot.

  • Biaya

Poin penting lainnya adalah memperhitungkan biaya yang akan digunakan untuk menghadirkan seragam yang baik. Karenanya, Anda bisa meminta pendapat karyawan juga dalam pembuatan seragam ini. Itu akan lebih membuat mereka nyaman. Terlebih jika membuat seragam ini dalam jumlah yang tak sedikit, pastinya membutuhkan alokasi dana yang besar juga. Jadi, Anda harus memastikan bahan dan biaya yang akan digunakan.

 

Untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam membuat seragam karyawan yang baik, PT Sansan Saudaratex Jaya Divisi Tekstil siap membantu Anda mewujudkan desain seragam perusahaan sesuai pesanan. Dengan kapasitas bahan untuk dijahit mencapai 3.000.000 meter/bulan, hasilnya pun lebih maksimal, terlebih bagi Anda yang menginginkan tepat waktu.

Oleh karenanya, jangan sungkan untuk mengkonsultasikan kebutuhan pembuatan seragam Anda bersama kami. Silahkan hubungi kami melalui link berikut ini.

 

Sumber: uniformsinstock

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.