Langkah Membuat Desain Seragam Custom

PTSansan.co.id – Bagi Anda yang hendak atau sudah berkecimpung di dunia tekstil, pastinya akrab dengan  desain-mendesain. Rancangan diperlukan sebagai acuan untuk membuat produk, terlebih apabila desain tersebut untuk custom atau permintaan konsumen itu sendiri. Anda pun kerap dibuat bingung bukan jika pesanan yang masuk berjibun, kan? Nah, cobalah langkah membuat desain berikut ini bagi Anda yang ingin mulai menggeluti pembuatan desain seragam, terutama untuk desain seragam custom.

Foto : Pixabay
  • Mengumpulkan Tim

Sebelum memulai untuk mendesain, yang harus Anda persiapkan adalah tim kerja. Pasalnya, mendesain dalam dunia bisnis tak bisa dilakukan perorangan, mengingat jumlah pesanan pun dalam jumlah yang besar. Minimal, Anda harus ada di kisaran 100 orang. Jangan lupa juga untuk melebihkan stok pesanan, sebagai ‘back up’ jika Anda sedang kehabisan ide.

  • Riset Harga

Langkah berikutnya yang harus Anda perhatikan saat membuat desain seragam custom adalah harga. Ya, harga sangat menentukan kualitas. Tak hanya itu, desain seragam custom yang umumnya memerlukan waktu dan tenaga lebih memang sangat pantas untuk dihargai lebih tinggi dari produk siap pakai.

Kebijakan soal harga ini tentunya tergantung dari perusahaan juga. Dalam beberapa kasus, konsumen diharuskan membayar biaya persiapan ­— dibayar satu kali di muka, kemudian desain itu nantinya eksklusif untuk konsumen itu saja. Oleh karena itu, berkecimpung di bidang tekstil, ditambah bisa menerima desain custom, akan menambah poin plus di mata pelanggan.

  • Survei Vendor

Sebelum memulai mengerjakan proyek, ada baiknya untuk melakukan riset vendor yang akan Anda pilih terlebih dahulu. Misalnya, faktor iklim, kode pakaian (dalam hal ini seragam), hingga cara mencuci seragam itu sendiri. Ini juga berlaku apabila Anda punya palet warna seragam khusus untuk suatu tema.

  • Membuat Sketsa

Langkah berikutnya adalah membuat sketsa. Ya, ini sangat diperlukan sebagai gambaran dan acuan membuat desain dalam bentuk nyata. Anda bisa menyusunnya dengan orang-orang yang ahli bidang seni. Sketsa juga sangat penting untuk memberikan Anda detail dari desain yang dibuat.

  • Mencoba Sampel

Setelah desain sudah fix, kemudian barulah bisa dibuat sampel atau contoh. Sampel ini dimaksudkan untuk menguji ukuran yang diperlukan di pasar. Poin yang mesti dipertimbangkan pada langkah ini adalah produk yang dihasilkan harus mencakup penggunaan jangka panjang.

  • Menentukan Jangka Waktu

Jangka waktu yang ideal untuk memproduksi desain seragam custom adalah 2-4 bulan atau 4-6 minggu sejak kerjasama diteken. Hal ini kembali lagi ke poin satu, yakni tergantung vendor yang Anda pilih guna mempercepat jangka waktu pengerjaan produk.

  • Tindak Lanjut 

Produk yang sudah jadi dan diterima konsumen harus mendapatkan follow up dari produsen. Follow up ini terkait kepuasan konsumen, sehingga jika dia merasa puas, akan menjalin kemitraan kembali nantinya.

Nah, bila Anda sedang mencari vendor atau perusahaan penyedia jasa berbagai macam seragam dan ingin custom, Anda bisa langsung menghubungi PT. Sansan Saudaratex Jaya Divisi Tekstil.

Dengan kapasitas produksi Dyeing Finishing PT. Sansan Saudaratex Jaya Divisi Tekstil yang mencapai 2.000.000 meter/bulan, kami terbuka untuk menerima setiap Job Order/Makloon/CMT untuk proses Sizing, RFD/PFD, Dyeing, dan Finishing untuk semua jenis kain woven. Spesialisasi dari produk kami adalah kain-kain seragam (Cotton, TC/TR) yang memerlukan kestabilan warna dalam quantity yang besar dan memiliki daya tahan cuci yang tinggi (menggunakan metode Vat Dyeing/Bejana). Segera hubungi kami di halaman kontak untuk pemesanan serta informasi lebih lanjut.

 

Sumber: theuniformstylist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.