Mengapa Harus Ada Pengujian Tekstil? Apa Tujuannya?

ptsansan.co.id – Bagi Anda yang akan terjun ke dunia fesyen, pastinya pernah mendengar istilah ‘pengujian tekstil’ sebelum memilih jasa makloon. Hal ini menjadi syarat agar Anda mendapatkan mitra kerja sama yang terpercaya dan memiliki kualitas terbaik. Lantas mengapa harus ada? dan apa tujuannya?

Setiap perusahaan dibidang industri pakaian seharusnya melakukan tes tersebut, agar mendapatkan sertifikat yang menyatakan bahwa proses produksinya telah memenuhi standar.

Tes ini dilakukan oleh Laboratorium Balai Besar Pengujian Tekstil dengan sejumlah persyaratan. Laboratorium Balai Besar Pengujian Tekstil sudah melalui uji akreditasi oleh National Association of Testing Authorities (NATA) Australia sejak 1994.

Pada 2003, lembaga ini juga mendapatkan akreditasi laboratorium dari Komite Akreditasi Nasional atau KAN. Oleh karena itu, proses tes ini akan dilakukan oleh para ahlinya.

Apa yang dinilai dalam pengujian tekstil?

Ada beberapa poin yang dijadikan acuan dalam pengujian tekstil yang dilakukan oleh Laboratorium Balai Besar Pengujian Tekstil, di antaranya tes untuk serat, benang, kain, serta garmen.

Kemudian ada juga pengujian ketahanan warna, kandungan zat pewarna, analisa air dan limbah, serta kadar zat pada bahan yang digunakan ketika memproduksi.

Komponen tersebut penting untuk dinilai agar bahan dan proses produksi yang diterapkan oleh perusahaan garmen atau makloon terjamin kualitas dan keamananya.

Tujuan pengujian tekstil

Agar lebih jelas, berikut ulasan terkait tujuan dari pengujian tekstil. Pertama, untuk memastikan bahwa bahan baku telah sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh laboratorium. Kedua, proses produksi terjamin aman. Ketiga, apabila ada bahan yang salah dalam proses produksi segera diganti. Keempat, sebagai penelitian dan pengembangan produk baru ke depannya.

Seperti yang dilakukan oleh PT Sansan Saudaratex Jaya, perusahaan penyedia layanan jasa makloon dan garmen, yang telah lolos sertifikasi pengujian tekstil.

Semua produk yang kami hasilkan telah memenuhi kualitas yang mengacu pada standar yang ditetapkan oleh AATC, ISO, serta Oeko-Tex.

Selain melakukan pengujian produksi internal, kami juga menjalin kerja sama dengan lembaga independen yang telah disertifikasi, seperti Intertek Utama Service (ITS), MTL dan ITT.

Sehingga segala hal yang bersangkutan dengan perusahaan mulai dari bahan baku, proses pembuatan, hingga hak-hak yang menyangkut pekerja telah memiliki aturan dan memenuhi standar yang telah ditetapkan.

Dengan kapasitas produksi yang besar, PT Sansan Saudaratex Jaya mampu menghasilkan sebanyak 3.000.000 meter per bulannya. Kami menerima pesanan pakaian dalam bentuk makloon dilengkapi proses hingga CMT.

Fasilitas yang tersedia pun lengkap, yaitu kantor khusus administrasi dan staf, ruang IT, mesin pemeriksaan kain dan shrinking, departemen pola, spreading otomatis dan mesin pemotong besar, serta mesin jahit untuk produksi yang banyak.

Produk yang kami hasilkan di antaranya seragam untuk keperluan kantor maupun lapangan, seperti untuk militer; celana chino, seragam maskapai, seragam kesehatan, seragam sekolah hingga baju untuk anak.

Untuk informasi lebih detail dan pemesanan, silakan hubungi kami melalui link  berikut ini

 

Sumber :

kemenperin.go.id

kawanerabaru.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.