Perbandingan Sablon Dan Bordir Pada Kemeja Kantor

PTSansan.co.id Saat membuat kemeja kantor, selain mementingkan bahan, kita juga harus  mementingkan desain. Bukan hanya persoalan look atau warna saja, terkadang kita juga ingin membubuhkan sablon atau bordir, khususnya untuk logo perusahaan sebagai bagian dari branding. Memang, apa lagi tujuan utama menggunakan seragam kalau bukan untuk menampilkan identitas perusahaan, betul? Nah, untuk persoalan desain atau aksesoris tambahan pada kemeja kantor, ada dua pilihan umum yang bisa Anda pilih, yaitu antara sablon dan bordir. Nah, seperti apa perbedaannya? Mari kita simak rangkumannya.

Foto : Unsplash

  • Pembahasan Sablon dan Bordir

Pertama-tama, kita harus mengetahui dulu apa itu sablon dan apa itu bordir. Sablon merupakan proses pencetakan tinta sablon ke kain. Pola gambar ini dimasukkan ke screen printing, lalu dituang ke atas kain. Jenis sablon yang paling umum ada 2, yaitu (1) plastisol, (2) rubber, dan (3) discharge. Apa perbedaannya? 

  1. Sablon Rubber: kerapatan baik, lebih awet, tidak mudah rusak, dan lebih lentur.
  2. Sablon Plastisol: warna lebih cerah, hasil lebih detail, bisa sampai 20 warna, tekstur timbul
  3. Discharge: menyatu dengan kain, tidak rusak jika disetrika, tekstur halus

Selain ketiga contoh di atas, masih ada banyak jenis sablon lain yang bisa Anda jumpai di pasaran.

Sementara itu, bordir merupakan pengaplikasian rajutan kain untuk membentuk pola tertentu pada kain. Pola ini bisa berupa gambar atau tulisan. Umumnya, bordir bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu (1) manual dan (2) komputer.

Bordir manual berarti ada tangan manusia yang terlibat, baik dengan menyulam sendiri atau menggunakan mesin bordir manual. Pengerjaannya tentu lebih lama dan presisinya tergantung penjahitnya.

Nah, untuk bordir komputer, menggunakan mesin bordir komputer khusus. Semuanya sudah digital dan terkomputerisasi sehingga kualitasnya bisa bagus dan juga cepat.

  • Keunggulan dan Kelemahan Sablon pada Kemeja Kantor

Sablon sering kita temukan pada kaos. Namun, tak jarang sablon kita temukan pada kemeja kantor. Nah, jika menyablon kemeja dengan logo, apa keuntungannya? Yang pertama adalah harganya lebih murah dan ekonomis. Pembuatannya juga cepat karena dapat diproduksi secara massal melalui rotary printing. Selain itu, ada berbagai macam teknik finishing yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sablon juga akan tetap bagus tampilannya, khususnya pada kain yang mudah melar seperti kaos, dan dapat mencetak pola dengan ukuran yang besar. Sayangnya, teknik sablon dikenal kurang awet karena bisa melar atau rusak saat disetrika. Pencuciannya juga harus hati-hati mengikuti instruksi. Tak hanya itu, beberapa jenis tinta sablon pun hanya bisa menggunakan satu warna.

  • Keunggulan dan Kelemahan Bordir pada Kemeja Kantor

Dibandingkan sablon, bordir memang lebih sering kita temukan sebagai aksesoris tambahan bagi kemeja kantor. Bordir jahitan pada kemeja umumnya akan lebih awet dan tahan lama. Hasil finishingnya juga lebih rapi dan bagus serta memiliki kerapatan dan detail yang tinggi. Bordir pun cenderung awet dan tahan lama karena tidak memerlukan perawatan khusus. Pada beberapa kasus, bordir bisa jadi lebih ekonomis dibandingkan sablon. Keunggulan bordir yang lainnya adalah dapat disetrika tanpa melonggarkan rajutannya atau merusak warna logo atau gambarnya. Pembuatannya juga tergolong cepat. Meskipun begitu, bordir kurang cocok untuk pakaian yang melar dan tipis.

  • Jadi, Mana yang Terbaik?

Jika harus menentukan mana yang lebih baik antara sablon dan bordir, memang sulit karena kita tidak bisa membandingkan kelebihan yang satu dengan kekurangan yang lainnya. Pada akhirnya, semua harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda membutuhkan kemeja kantor yang lebih terjangkau dan akan berganti setiap tahunnya, Anda bisa memilih sablon. Selain karena harganya lebih murah, kualitasnya juga mumpuni. Namun, jika Anda menginginkan kemeja kantor lebih tahan lama dengan pola gambar yang lebih sederhana dan kecil, pilihlah desain bordir.

Apapun pilihan Anda, baik sablon maupun bordir, PT. Sansan Saudaratex Jaya Divisi Tekstil siap menjawab kebutuhan pembuatan kemeja kantor perusahaan Anda. Sebagai bentuk kerja sama dengan Anda sebagai konsumen, kami senantiasa menerima job order, makloon, atau CMT untuk semua proses pengerjaan tekstil yang ada di dalam fasilitas pabrik kami (mulai dari sizing, weaving, reactive dyeing, continuous vat dyeing hingga pigment dyeing). Mari konsultasikan kebutuhan Anda sekarang dan hubungi kami melalui link berikut ini untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut.

 

Sumber: Sell Merch

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.