Perbedaan Kain Katun dan Rayon

PTSansan.co.idDalam industri tekstil, dua jenis bahan kain yang paling banyak digunakan adalah katun dan rayon. Meski dikenal akan kelembutannya, ternyata rayon dan katun memiliki karakteristik yang berbeda, mengingat bahan dasarnya pun berbeda. Berikut kami rangkum perbedaan kain katun dan rayon yang mungkin belum Anda ketahui.

  • Bahan

Pada dasarnya, kain katun terbuat dari bahan yang alami, yakni serat tanaman kapas asli. Kapas sendiri merupakan bahan berserat lembut yang mengelilingi biji tanaman kapas. Serat inilah yang kemudian dijadikan benang tekstil.

Serat tanaman kapas ini berasal dari selulosa murni yang banyak tumbuh di daerah tropis dan subtropis, termasuk di negara India, Afrika, dan Amerika. Penggunaan kapas sebagai bahan dasar pembuatan kain bahkan telah dilakukan sejak zaman prasejarah.

Faktanya, kapas menjadi bahan dasar yang paling banyak digunakan sebagai pembuatan kain karena dikenal sejuk dan bisa dikenakan di iklim hangat. Meski begitu, Anda harus rajin memperhatikan perawatannya karena kain berbahan kapas atau sering disebut katun ini biasanya akan menyusut dan kusut seiring dengan berjalannya waktu.

Namun jangan khawatir, kekuatan utama serat kapas biasanya meningkat dalam kondisi basah, sehingga memang bagus untuk menyerap cairan, misalnya saja keringat apabila digunakan sebagai bahan pakaian. Adapun jenis-jenis kain katun di antara katun Jepang, Paris, Ima, Toyob, Chambray, hingga Flanel.

Hampir serupa dengan katun, rayon juga terbuat dari selulosa, hanya saja dibuat secara artifisial alias buatan. Kain rayon biasanya diproduksi dari bahan polimer alami, yang kemudian disebut sebagai serat-semi sintetik. Sebut saja misalnya Viscose dan Lyocell yang mana keduanya termasuk ke dalam bahan rayon.

Kendati terbuat dari serat sintetik atau buatan, kain rayon juga memiliki sifat yang dimiliki oleh kain yang terbuat dari serat alami. Karenanya, serat rayon ini terbilang serbaguna karena dapat menimbulkan tekstur yang sama seperti linen, wol, hingga sutra.

  • Sifat Kain

Sedari dulu, kain katun banyak dipilih untuk bahan pakaian karena tingkat kehalusannya. Ini karena katun merupakan bahan organik. Selain itu, katun murni juga merupakan hypoallergenic alami, yang berarti anti alergi dan aman untuk kulit sensitif sekalipun. Dibandingkan kain berbahan sintetis, keunggulan katun yang paling utama adalah kemampuan bernafas kainnya (breathability) yang alami sehingga memiliki tingkat kesejukan yang lebih baik.

Sama halnya dengan katun, Kain rayon merupakan salah satu jenis kain yang populer di dunia industri tekstil. Tak hanya digunakan untuk menjahit pakaian bergaya kaos, rayon ternyata bisa juga digunakan untuk membuat seragam. Karena terbuat dari selulosa ringan, kain rayon cenderung lebih halus dan lembut. Biasanya, kain rayon diperuntukkan sebagai bahan dasar mukena dan selimut, sehingga terasa lebih adem di kulit.

  • Jenis Kain

Kain katun dan kain rayon memiliki ragam jenisnya di pasaran. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Ada yang berjenis 100% katun dan 100% rayon, namun ada juga solusi perpaduan keduanya, di antaranya kain Toyobo, Paris, Supernova, Oxford, Mesir, dan Sutra.

Kain Toyobo memiliki tekstur yang lembut dan lebih tebal jika disentuh. Bahan Toyobo cenderung lebih glossy atau mengkilap tampilannya. Proses penjahitan bahan kain Toyobo tidak perlu repot-repot menambahkan furing, karena kain ini sudah cukup tebal.

Sementara itu, karakteristik kain Paris lebih tipis, misalnya saja pada kerudung segi empat yang banyak dijual di pasaran atau menjadi bahan dasar pembuatan batik, sehingga lebih mengkilap dan tidak mudah gerah ketika  dipakai.

Jenis katun lainnya yang tak kalah nyaman adalah Supernova, yang memiliki karakteristik lebih ringan dan dingin di kulit, sehingga sangat cocok dipergunakan sebagai bahan dasar pakaian gamis.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari jasa pembuatan pakaian, misalnya seragam, dalam jumlah yang banyak, PT Sansan Saudaratex Jaya siap mewujudkan kebutuhan Anda. Kami telah dipercaya di tingkat mancanegara dalam menangani job order, makloon, atau CMT untuk semua proses pengerjaan tekstil yang ada di dalam fasilitas pabrik kami. Mari konsultasikan kebutuhan Anda sekarang dan hubungi kami melalui link berikut ini untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.