Tips Memilih Desain Seragam Kantor Yang Baik

PTSansan.co.id – Salah satu hal yang paling penting dalam pembuatan seragam kerja adalah desainnya. Mengapa? Sebab, selain akan berpengaruh terhadap citra perusahaan di mata masyarakat, desain seragam yang baik juga dipercaya dapat mempengaruhi kinerja para karyawan. Nah, apakah Anda sedang ditugaskan untuk merancang rencana pembuatan desain seragam kantor? Jika iya, sebelum memutuskan desain mana yang akan Anda pilih, ada baiknya perhatikan terlebih dahulu panduan tips memilih desain seragam kantor yang baik berikut ini.

Foto : Unsplash
  • Konsultasikan dengan Karyawan

Saat mendesain sebuah barang untuk kebutuhan apapun, Anda harus memikirkan siapa penggunanya. Itulah mengapa saat merencanakan dan menentukan desain seragam kantor, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah berkonsultasi dengan karyawan yang akan memakainya. Apa yang mereka inginkan? Apa yang mereka butuhkan? Jawaban mereka mungkin akan mengejutkan Anda.

  • Pikirkan Perspektif Pelanggan

Kemudian, pikirkan juga perspektif pelanggan. Anda mungkin tidak dapat berkonsultasi dengan pelanggan Anda secara langsung. Atau, mungkin Anda sebenarnya bisa? Bagaimanapun itu caranya, penting bagi Anda untuk mengingat perspektif mereka. Sebab, setelah karyawan, mereka akan menjadi pihak kedua yang paling banyak berinteraksi dengan seragam perusahaan.

  • Sesuaikan dengan Jenis Industri

Jenis industri akan memiliki pengaruh besar terhadap tampilan akhir garmen. Anda tentu tidak bisa menyamakan desain pakaian kerja untuk restoran cepat saji dengan desain untuk spa di hotel bintang lima. Posisi brand dalam industri juga harus dipertimbangkan. Sebagai contoh, Dunkin ‘Donuts dan Starbucks secara teknis sama-sama kedai kopi dengan kisaran harga yang sama, namun cara mereka menampilkan brand mereka ternyata sangat berbeda.

  • Pertimbangkan Semua Kebutuhan

Setelah mensurvei karyawan, Anda mungkin akan mendapatkan masukan yang lebih baik, khususnya mengenai ketentuan desain seragam kantor yang akan Anda buat. Nah, perlu diingat bahwa mendesain seragam kerja tidak seperti mendesain gaun atau setelan untuk acara malam. Jadi, buatlah daftar kebutuhan secara terperinci, mulai dari pemilihan bahan kain, kondisi lingkungan kantor, panduan identitas brand, jasa makloon jahit seragam, hingga anggaran yang diperlukan.

Foto : Unsplash
  • Lakukan Riset Desain

Setelah daftar kebutuhan tersebut dirangkum, ada baiknya Anda tidak langsung membuat sketsa desain seragam kantor. Lakukanlah riset desain terlebih dahulu. Hasil riset tersebut nantinya akan mengarahkan Anda ke berbagai pengembangan ide dari konsep inti yang sudah dikembangkan. Mind-mapping harus menjadi langkah pertama dalam riset Anda. Proses ini akan membantu Anda memunculkan banyak pemikiran baru. Bidiklah referensi desain yang tak lekang oleh waktu.

  • Buat Ide Sketsa

Saat Anda sudah memasuki tahap pembuatan sketsa desain baju kantor, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Pertama, perhatikan kembali detail dan ketentuan. Lalu, pikirkan juga warna serta dekorasi tambahan pendamping seragam tersebut. Agar enak dipandang, ada baiknya seragam kantor dibuat minimalis dengan menggunakan warna netral dan sedikit aksen corak hangat. Nah, jika Anda ingin tetap berpegang pada desain warna cerah, sah-sah saja, tetapi pastikan pilihan itu sesuai dengan industri dan kepekaan pelanggan Anda.

  • Uji Coba

Terakhir, jangan pernah mengirim seragam perusahaan ke tahap produksi tanpa mengujinya terlebih dahulu. Produsen seragam yang serius akan membuat sampel untuk diuji oleh karyawan.  Mereka harus mencoba memakainya untuk beberapa waktu dan menguji kenyamanan seragam saat digunakan beraktivitas. Pengujian lain yang harus dilakukan adalah pencucian pakaian untuk melihat seberapa tahan kain seragam tersebut. Setelah percobaan pertama, berikan beberapa catatan, dan mintalah sampel lain. Proses ini harus terus dilakukan sampai Anda menemukan seragam yang memenuhi semua persyaratan.

Itulah panduan singkat tips memilih desain seragam kantor. Apakah Anda ingin segera mewujudkan desain seragam kantor Anda? Kami PT. Sansan Saudaratex Jaya Tekstil siap menjawab kebutuhan Anda. Kami menerima job order, makloon, atau CMT untuk semua proses pengerjaan yang ada di dalam fasilitas pabrik kami (mulai dari sizing, weaving, reactive dyeing, continuous vat dyeing hingga pigment dyeing). Mari konsultasikan kebutuhan seragam kantor Anda dan hubungi kami di halaman Kontak untuk pemesanan serta informasi lebih lanjut. 

 

Sumber: Printsome

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.