Tren Bahan Kemeja Seragam 2021

PTSansan.co.id – Bahan kemeja menjadi salah satu faktor penting dalam pembuatan seragam kerja. Jika Anda pemerhati dunia garmen dan tekstil, Anda mungkin sudah bisa membedakan tipe-tipe bahan kemeja dan menentukan mana yang paling nyaman Anda gunakan, bukan? Nah, tapi, bagi Anda yang masih awam dengan jenis-jenis bahan kemeja, sebaiknya simak penjelasan berikut ini agar tak salah beli. Karena di tahun 2021, ternyata ada beberapa bahan kain yang sedang digandrungi, lho.

Foto : Unsplash
  • Cotton Dobby

Di tahun 2021 ini, jenis kain kemeja cotton dobby sedang gencar-gencarnya dipasarkan. Kain jenis ini memiliki karakteristik yang unik dan sejumlah kelebihan. Cotton Dobby dibuat dengan alat tambahan guna menghasilkan motif-motif menarik, seperti kotak, garis, dan abstrak dengan serat-serat yang menonjol. Selain itu, cotton dobby memiliki tekstur halus, tidak mudah kusut dan adem, sehingga para penggunanya akan merasa kian nyaman menggunakan bahan kemeja ini.

Berdasarkan kabar yang dihimpun, kain cotton dobby terbagi lagi ke dalam beberapa jenis, di antaranya dobby rayon, cotton, viscose, juga polyester. Akan tetapi, yang paling banyak digandrungi untuk digunakan dalam pembuatan kemeja adalah cotton dobby alias dari bahan katun 100%.

  • Cotton Oxford

Kain cotton oxford termasuk ke dalam jenis bahan kain tenun drill, yang memiliki karakteristik lebih tebal, tetapi tetap terasa lentur dan lembut. Tak hanya itu, cotton oxford pun memiliki kesan mewah bagi penggunanya.

Berbeda dengan cotton dobby, kain cotton oxford tidak memiliki corak timbul, sehingga dia terasa rata dengan serat yang rapi dan rapat. Oleh karena itu, kain ini juga banyak digunakan sebagai bahan dasar kemeja atau seragam kerja.

Beberapa teknik merawat cotton oxford adalah tidak mencampurkannya dengan pakaian lain yang memiliki warna tak seragam. Berikutnya, kain jenis ini tidak perlu direndam terlalu lama. Cukup dikucek dengan deterjen, rendam sebentar, kemudian dijemur di bawah sinar matahari langsung.

Foto : Unsplash
  • Cotton Pique

Cotton pique merupakan jenis bahan yang memiliki corak rajutan padat pada kainnya. Umumnya, corak pada cotton pique ini berbentuk segi enam atau segi empat. Umumnya, cotton pique digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kaos polo dengan kualitas yang bagus. Komposisi kain ini merupakan gabungan dari TC dan CVC.

TC atau Tetoron Cotton sendiri adalah bahan campuran dari polyester dan katun, namun lebih banyak polyesternya. Sehingga, tingkat penyerapan airnya tidak setinggi CVC. Sementara CVC atau Chief Value Cotton merupakan campuran yang mempunyai komposisi 55% katun dan 45% polyester.

  • Toyobo

Katun Toyobo memiliki karakteristik yang lebih halus dan lembut, dibandingkan dengan katun jepang pada umumnya. Selain itu, Katun Toyobo ini jauh lebih mengkilap atau glossy, sehingga tidak perlu tambahan furing lagi. Oleh karena itu, Katun Toyobo sangat digemari oleh kaum wanita karena akan terlihat lebih anggun saat dikenakan.

Meski lumayan tebal, katun Toyobo masih tetap nyaman dipakai dan tidak membuat kegerahan. Ciri khas bahannya yang drape atau langsai membuat kain berbahan katun toyobo lebih lemas dan tidak kaku.

Nah, itulah beberapa tren bahan kemeja seragam yang sedang digandrungi di tahun 2021 ini. Agar Anda terhindar dari kesalahan memilih bahan terbaik untuk kemeja atau seragam perusahaan Anda, PT. Sansan Saudaratex Jaya Divisi Tekstil siap membantu mewujudkan kebutuhan Anda.

Kami telah dipercaya di tingkat mancanegara dalam menangani job order, makloon, dan CMT untuk semua proses pengerjaan tekstil yang ada di dalam fasilitas pabrik kami. Mari konsultasikan kebutuhan Anda sekarang dan hubungi kami melalui link berikut ini untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut.

 

Sumber: Tangan Kanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.