Inilah Arti dari Simbol Pada Label Petunjuk Perawatan Pakaian

ptsansan.co.id – Saat membeli pakaian baru, ada baiknya jika Anda melihat terlebih dahulu label petunjuk perawatan pakaian. Label ini biasanya tertera pada bagian belakang atau bagian yang tersembunyi dari baju atau celana tersebut.

Ya, rupanya setiap bahan pakaian memiliki cara perawatan masing-masing agar kain tetap awet dan tak mudah luntur. Biasanya pada label perawatan pakaian akan menginstruksikan bagaimana harus mencuci hingga menjemur pakaian.

Lantas, apa saja arti dari simbol yang ada di label petunjuk perawatan pakaian? Simak ulasannya di sini.

Arti dari Berbagai Simbol Pada Label Petunjuk Perawatan Pakaian

1. Simbol bak cuci

Simbol bak cuci ini merupakan petunjuk untuk mencuci pakaian dengan mesin cuci, yang mana terdapat angka suhu air yang dianjurkan mulai dari yang dingin (cold) dengan maksimal 300, hangat (warm) dengan angka suhu maksimal 400, dan air  panas (hot) dengan kapasitas maksimal 500

2. Simbol mencuci dengan tangan

Yang kedua, biasanya perusahaan yang memproduksi pakaian akan mencantumkan simbol tangan masuk ke dalam bak cuci. Itu artinya petunjuk bagaimana mencuci pakaian jika tanpa mesin cuci alias manual menggunakan tangan. Jika Anda melihat berupa bak cuci dan dicoret silang, itu makanya jangan mencuci menggunakan mesin.

Jika Anda melihat simbol berupa gambar satu tangan masuk ke bak, itu artinya pakaian tersebut harus dicuci dengan menggunakan tangan saja. Sementara itu, jika Anda melihat gambar lilitan kain serata dicoret, itu tandanya tidak boleh diperas atau dipelintir. Peras airnya secara perlahan dan lembut setelah selesai dicuci dengan tangan

3. Simbol pemakaian pemutih

Berikutnya, pada petunjuk perawatan pakaian ada simbol berupa gambar segitiga, yang menandakan penggunaan cairan pemutih. Apabila Anda melihat gambar segitiga dicoret oleh tanda silang, maka itu artinya jangan ditambahkan cairan pemutih.

Jika segitiga tersebut dicoret dengan dua garis miring di dalamnya, maka itu artinya hanya menggunakan pemutih yang tidak mengandung bahan klorin. Sementara jika segitiga tersebut polos, tidak dicoret, maka itu artinya pakai pemutih secukupnya saja. 

4. Simbol untuk mengeringkan pakaian

Yang berikutnya adalah simbol untuk mengeringkan pakaian pada petunjuk perawatan pakaian. Jika Anda melihat ada gambar lingkaran di dalam kotak segi empat, maka itu artinya diperbolehkan untuk mengeringkan menggunakan mesin.

Akan tetapi, jika gambar lingkaran dalam kotak tersebut dicoret tanda silang, maka jangan mengeringkan menggunakan mesin cuci. 

Jika Anda melihat ada satu tanda garis di luar gambar tadi, itu artinya silkus pres permanen, sementara dua tanda garis menunjukkan siklus pengeringan menggunakan mesin secara  lembut.

Namun, jika tidak ada lingkaran di dalam kotak, itu artinya simbol mengeringkan di ruangan. Jika, terdapat satu garis

Simbol untuk menyetrika horizontal, maka  itu artinya harus pakaian diletakkan secara rata sampai mengering. Kemudian, jika terdapat  tiga garis horizontal, maka Anda harus menggantung pakaian tersebut hingga kering, jika hanya ada garis seperti amplop itu artinya, harus dikeringkan.

Sementara itu, jika Anda melihat dua garis diagonal itu artinya pakaian harus dikeringkan di tempat yang teduh atau tak terlalu tersorot matahari.

5. Simbol menyetrika pakaian

Yang terakhir, pada label petunjuk perawatan pakaian, biasanya ada gambar setrika. Yang pertama jika gambar tersebut berupa setrika dengan satu titik di tengahnya, itu artinya jangan menggunakan suhu yang tinggi.

Kemudan, jika titiknya ada dua, itu artinya suhu setrika yang digunakan harus hangat. Jika titik itu ada tiga, maka  artinya suhu yang digunakan harus panas.

Sementara itu, jika setrika dicoret oleh garis silang, itu artinya Anda tidak perlu untuk menyetrikanya. Jika ada titik-titik di bawahnya, itu artinya hanya diuap seperlunya saja, jika dicoret oleh titik-titik tersebut itu artinya tidak boleh diuap.

Itulah simbol-simbol yang biasanya tertera pada label petunjuk perawatan pakaian, yang harus Anda perhatikan agar tidak salah dalam mencuci hingga menyetrika.

Label petunjuk perawatan pakaian ini juga berlaku untuk pakaian jenis seragam. Untuk memenuhi kebutuhan Anda akan seragam, PT Sansan Saudaratex Jaya dapat membantu.

Dengan kapasitas mesin produksi yang besar, bahan yang kami produksi mencapai 2.500.000 meter per bulannya. Selain itu, kami juga telah mengantongi sertifikat standar produk yang ditetapkan oleh  AATC, ISO, dan Oeko-Tex.

Kami menyediakan berbagai jenis bahan pakaian yang berkualitas dan siap untuk dijahit, termasuk Katun Twill, Satin Poplin, Oxford, hingga Celana Chino.

Untuk informasi lebih lanjut, serta untuk melakukan pemesanan, Anda dapat menghubungi kami via  kontak yang tertera pada link berikut ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.