Kiat Merawat & Menyimpan Seragam Militer

PTSansan.co.idBagi Anda yang berprofesi sebagai perwira Tentara Nasional Indonesia atau TNI, mengenakan seragam militer sudah semestinya menjadi kebanggaan, bukan? 

Namun sudah pahamkah Anda soal cara merawat dan menyimpan seragam yang bercorak khas loreng-loreng itu? Hal ini tidak bisa dianggap sepele, lho. Pasalnya, seragam militer yang Anda miliki didesain khusus menggunakan teknik tertentu demi melindungi para prajurit ketika bertempur.

Foto: Pixabay

Berikut 5 cara merawat dan menyimpan seragam militer agar tak cepat usang alias awet, sehingga Anda pun tak usah merogoh kocek berlebih untuk mendapatkan seragam ini, bahkan bisa diwariskan untuk generasi penerus Anda .

  • Cara Merawat Seragam Militer

Setidaknya ada tiga perlengkapan yang harus Anda persiapkan untuk proses perawatan seragam militer sebelum disimpan, di antaranya:

  1. Tempat penyimpanan yang baik, bisa berupa lemari atau kotak saja
  2. Kertas tisu arsip bebas asam
  3. Sarung tangan katun.

Adapun fungsi dari perlengkapan itu, di antaranya lemari atau kotak diperuntukkan khusus untuk menyimpan barang yang sudah tidak terpakai, sementara kertas tisu bebas asam membuat kain tidak mudah hancur dan tetap lembut.

Kotak penyimpanan sendiri setidaknya harus terbuat dari bahan polypropylene cor agar aman bagi kain, atau gunakanlah kotak yang bisa didaur ulang, dengan logo “PP”. Sebab, jika menggunakan kotak dari bahan plastik biasa, warna kain akan cepat menguning.

  • Cara Menyimpan Seragam Militer 

  1. Pastikan Seragam Telah Dicuci Bersih

Sebelum menyimpannya ke dalam lemari atau kotak khusus, pastikan seragam militer Anda telah dicuci dengan bersih. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan noda yang menempel pada kain. Jangan lupa juga, pakaian seragam ini harus dibersihkan secara menyeluruh, bukan hanya di bagian-bagian tertentu saja. Kemudian, pastikan pakaian seragam Anda benar-benar kering setelah dicuci dan dijemur, guna menghindari tumbuhnya jamur yang bisa merusak kain.

  1. Pastikan Tangan Anda Kering

Sebelum memasukkan seragam militer Anda ke tempat penyimpanan, Anda harus memastikan bahwa tangan Anda bebas dari krim atau body lotion, serta segala hal berbahan kimia, yang menempel pada tangan. Karenanya, supaya aman, Anda bisa mengenakan sarung tangan.

  1. Mencopot Atribut Logam

Pada seragam militer, biasanya kerap ditempelkan sejumlah atribut berbahan dasar logam, termasuk kancing, name tag, serta medali. Semua itu harus dicopot terlebih dahulu sebelum dilipat dan dimasukkan ke tempat penyimpanan.

Mengapa? Dilepaskannya atribut logam lantaran kandungan belerangnya bisa membuat kain berubah warna. Pernahkah Anda melihat pakaian yang seakan luntur di sekitar area kancing? Nah, itu karena kancing terbuat dari bahan logam dan lama kelamaan akan luntur.

  1. Sisipkan Kertas Tisu di antara Lipatan Pakaian

Langkah berikutnya adalah menyimpan kertas tisu bebas asam di antara pakaian seragam yang sudah dilipat, guna mempertahankan bentuknya agar tidak mudah kusut. Pastikan ada bantalan kertas tisu di antara satu pakaian dengan yang lainnya.

  1. Masukkan ke dalam Tempat Penyimpanan

Kemudian masukkan ke dalam tempat penyimpanan. Yang mesti diingat adalah, jangan membuat tempat itu menjadi sangat padat oleh pakaian. Selain itu, Anda juga harus mengecek pakaian tersebut secara berkala, jangan sampai hanya disimpan terus menerus tanpa dilihat.

Sederhana bukan? Berbicara soal seragam militer, jika Anda kini sedang mencari tempat untuk membuatnya, apalagi dalam jumlah partai, jangan ragu untuk segera menghubungi PT Sansan Saudaratex Jaya.

PT Sansan Saudaratex Jaya sendiri telah dipercaya di tingkat mancanegara dalam menangani job order, makloon, atau CMT untuk semua proses pengerjaan tekstil yang ada di dalam fasilitas pabrik kami.

Perusahaan kami telah berkembang pesat dan saat ini telah memiliki lebih dari 5000 karyawan di 4 lokasi pabrik. Karenanya, kami mampu menghasilkan berbagai jenis garmen, dengan berbagai macam model, di antaranya jenis pakaian pria, wanita, anak, dan bayi, dengan total kapasitas mencapai 2.550 pcs/ bulan.

Perusahaan kami pun telah mengikuti semua peraturan compliance atau persetujuan, serta Kode Etik yang disepakati oleh PBB untuk penerapan Hak Asasi Manusia. Selain itu, produk yang kami hasilkan telah menembus pasar ekspor karena telah memenuhi persyaratan kualitas standar dari pelanggan yang sangat ketat.

Mari konsultasikan kebutuhan Anda sekarang dan hubungi kami melalui link berikut ini untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.