Sistem Order Makloon VS Full Order, Apa Bedanya?

PTSansan.co.id Di artikel sebelumnya, kami telah menjelaskan apa itu CMT atau makloon. Nah, di artikel ini, kami akan menjelaskan perbedaan sistem order makloon vs. full order, khususnya yang kami kerjakan di PT. Sansan Saudaratex Jaya Divisi Tekstil. Nah, kami tentunya melayani kedua jenis job order ini yang cukup berbeda ini, sehingga pilihan berada di tangan Anda. Untuk perbandingannya sendiri, ada beberapa faktor yang membedakan sistem order makloon vs. full order. Berikut kami rangkum garis besar perbedaannya.

  • Pembelian Bahan Utama

Perbedaan yang pertama antara sistem order makloon vs. full order terletak dari faktor penyediaan bahan utama kain. Jika Anda memilih sistem order makloon, bahan kain yang akan dijadikan pakaian dipilih dan disediakan sendiri oleh Anda selaku konsumen. Berbeda dengan sistem full order, di mana vendor menyediakan semua bahannya bagi Anda. Sistem order makloon di sini bisa menguntungkan Anda apabila Anda memang tengah mencari bahan kain berkualitas yang langka di pasaran. 

  • Pengiriman Bahan dari Toko

Berikutnya, jika Anda memilih sistem order makloon, setelah Anda membeli dan mendapatkan kain yang diinginkan, Anda harus mengirimkan sendiri bahan kain tersebut ke vendor. Untuk Anda yang tidak ingin repot, sebaiknya Anda pilih sistem full order untuk memangkas biaya dan waktu operasional pengiriman. Namun, jika Anda tidak masalah dengan adanya proses ini, Anda akan dapat memonitor secara terus menerus bahan kain yang akan digunakan, sehingga tidak ada kekeliruan atau keteledoran dari pihak yang terlibat.

  • Pembelian Aksesoris

Dalam sistem order makloon, aksesoris tambahan pada seragam atau pakaian Anda, seperti bordir atau kancing, biasanya harus Anda hunting atau cari sendiri. Meskipun tidak menutup kemungkinan vendor menawarkan tambahan jasa ini. Hal ini tentu berbeda dengan sistem full order, di mana aksesoris tambahan pun akan disediakan oleh vendor sesuai permintaan konsumen. Nah, karena aksesoris dibeli sendiri, dengan sistem makloon, Anda tentu bisa menekan harga produksi apabila Anda mahir menawar harga bahan kain dan aksesoris.

  • Pembuatan Desain

Nah, untuk yang satu ini, baik melalui sistem order makloon maupun full order, Anda sebagai pihak konsumen membuat desain pakaian sendiri sebelum masuk tahapan produksi. Tentu ada baiknya Anda sudah menyiapkan desain sebelum menentukan sistem pengerjaan mana yang akan Anda pilih. Perihal desain, Anda harus mendiskusikannya bersama seluruh pihak yang akan terlibat, khususnya staf dan karyawan. Pihak vendor mungkin saja memberikan referensi desain, tapi keputusannya tetap di tangan Anda. Intip tips memilih desain terbaik untuk seragam kantor Anda yuk di artikel kami sebelumnya.

  • Pembuatan Pola Jahitan

Di tahapan selanjutnya, setelah desain dikirimkan dan bahan sudah tersedia, barulah pihak vendor akan membuat pola jahitan atau yang dikenal sebagai proses Cut dalam CMT. Kami sudah pernah menjelaskan di artikel sebelumnya mengenai seluruh tahapan CMT, yang meliputi pemotongan, penjahitan, dan pengemasan. 

  • Pemotongan, Penjahitan, dan Pengemasan

Ketika sudah memasuki tahapan ini, bisa dikatakan keduanya netral atau tidak ada perbedaan signifikan antara sistem order makloon dan sistem full order. Jasa pemotongan, penjahitan, sekaligus pengemasan akan diserahkan sepenuhnya kepada vendor. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk memilih vendor terpercaya, karena untuk mewujudkan desain yang Anda inginkan akan sangat bergantung pada kredibilitas vendor dan kapasitas produksinya.

  • Kesimpulan

Perbedaan sistem order makloon vs. full order terletak pada proses pembelian bahan kain hingga sampai ke tangan vendor. Jika dalam sistem full order, semuanya ditangani oleh vendor, kecuali pada tahapan pembuatan desain, maka dalam sistem order makloon, Anda harus memonitor beberapa tahapan awal. Sistem order makloon sangat kami sarankan untuk Anda yang berniat memulai bisnis kemeja atau memproduksi kemeja khusus yang ingin punya ciri khas bahan tersendiri. Jika Anda ingin menekan biaya produksi dan memonitor kualitas bahannya sendiri, kami juga menyarankan untuk memilih sistem order makloon. Namun, jika Anda ingin lebih praktis, Anda bisa memilih sistem full order.

Tak perlu khawatir, apapun sistem job order yang Anda pilih, PT. Sansan Saudaratex Jaya Divisi Tekstil siap menjawab kebutuhan Anda dengan kualitas yang dapat dipercaya dan harga yang sangat bersaing. Kami menawarkan semua proses yang ada di pabrik kami, mulai dari tahapan sizing, weaving, reactive dyeing, continuous vat dyeing, hingga pigment dyeing. Kapasitas produksi kami mencapai 3.000.000 meter/bulan sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan keterbatasan waktu karena kami pasti tepat waktu. Jangan ragu untuk mengkonsultasikan kebutuhan Anda kepada kami melalui link berikut ini. Kami menantikan kerja sama Anda.

 

Sumber: Tangan Kangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.