4 Fakta tentang Bahan Kain yang Perlu Anda Tahu

pt.sansan – Kebanyakan orang mungkin hanya mengenal jenis kain A atau B untuk pakaian tertentu. Posisi katun untuk produksi kaos, misalnya, masih belum bisa digantikan oleh bahan kain lain. Padahal, pemanfaatan bahan kain dalam dunia tekstil sangatlah luas dengan beragam jenisnya. Nah, bagi Anda yang tengah berencana untuk memproduksi pakaian dalam jumlah banyak, ada baiknya Anda mengenali terlebih dahulu 4 fakta tentang bahan kain yang belum banyak diketahui orang ini. Ada apa saja ya?

  1. Selain Drill, Ada Alternatif Bahan Lain untuk Kemeja

Saat memilih bahan untuk kemeja seragam, Anda mungkin akan ditawarkan bahan drill terlebih dahulu. Hal itu bukan tanpa sebab, karena bahan drill menawarkan kualitas dengan permintaan pasar yang paling tinggi. Tapi, jika Anda merasa bosan dengan bahan drill, jenis-jenis bahan ini bisa jadi alternatif terbaik, lho.

Yang pertama ada tropical yang sangat cocok digunakan untuk seragam kantoran. Tropical adalah kain yang merupakan campuran komposisi polyester dan cotton, dengan perbandingan kandungan cotton yang lebih besar, sehingga saat dipakai tetap sejuk. Kainnya juga cenderung lebih lembut. Harga kain tropical memang cukup tinggi, namun hal itu sesuai dengan kualitasnya, sehingga menjadi pilihan ideal bagi perusahaan bonafit.

Selain itu, ada juga bahan kanvas yang masih masuk dalam keluarga cotton. Kain kanvas memiliki tekstur yang cukup tebal dan berat, tetapi masih nyaman dipakai sebagai seragam, terutama untuk seragam lapangan. Bahan ini sering juga dipakai sebagai bahan jaket pendaki gunung karena dapat melindungi tubuh dari goresan batu atau benda lainnya. Untuk penggunaan seragam kantor, tersedia bahan Baby Canvas yang lebih tipis dan ringan, namun tetap kuat.

Alternatif selanjutnya adalah bahan Oxford. Seratnya halus dan terlihat seperti titik-titik kecil layaknya potongan piksel pada layar LCD. Bahan yang satu ini cukup tipis dan seringkali dijumpai polos tanpa motif. Ketika dikenakan, bahan Oxford sangat nyaman karena teksturnya cukup berongga, halus, dan tidak membuat badan gerah. Kemeja berbahan oxford banyak digunakan untuk seragam kantor maupun sekolah.

  1. Kain Pique, Bahan yang Bisa jadi Apa Saja

Pique adalah bahan yang sering digunakan untuk kemeja. Secara kualitas dan harga, bahan ini dapat meningkatkan minat pasar terhadap produk yang akan Anda produksi, lho. Sebab, jenis bahan ini kini tengah digemari pasar Indonesia. 

Awalnya, bahan pique dipakai jadi polo shirt, tapi sekarang kemeja, jaket, dan bahkan oversized tees juga menggunakan bahan pique. Di tahun 2019, brand-brand besar menggunakan bahan ini sebagai remaja karena nyaman digunakan dan mampu menekan biaya produksi.

Brand sebesar Zara pun memakai bahan pique untuk produknya. Namun, pasti ada perbedaan antara kain pique yang dipakai Zara dan yang dijual di pasaran Indonesia karena umumnya mereka memproduksi kainnya sendiri agar punya ciri khas.

Bahan pique sendiri dapat dikelompokkan menjadi 2 macam, yaitu Combed Pique Diamond (atau sering disebut lacoste) dan CVC Pique Hexagon. Perbedaan keduanya terletak di bahan, rajutan, dan ketebalan. Combed Pique Diamond dibuat dari 100% serat cotton combed, dengan rajutan bercorak segiempat dan ketebalan 30s. Sedangkan CVC Pique Hexagon dibuat dari 60% serat cotton 40% serat polyester, rajutan bercorak segienam dan ketebalan 24 s. Untuk setting keduanya 45”

Secara keseluruhan, kelebihan pique meliputi tekstur bahannya yang halus dan menyerap keringat. Selain itu, pique juga bisa dijadikan polo shirt, meski mumnya dipakai jadi kemeja. Secara tampilan, produk dengan bahan pique juga terlihat cukup eksklusif. Dengan varian warna kain yang banyak, harga produksi tetap dapat bersaing

  1. Cotton Bamboo, Idola Baru untuk Produksi Kaos

Sesuai namanya, cotton bamboo adalah kombinasi antara bahan katun dan serat bambu. Ketebalan cotton bamboo berkisar pada 160 gsm, sementara cotton combed 30s berkisar di 140-150 gsm. Dengan kata lain, jenis bahan ini lebih tipis daripada cotton combed 30s, sehingga memberikan sensasi yang sangat adem.

Tekstur permukaan bahan cotton bamboo juga sangat halus, sehingga sering digunakan sebagai base layer saat memakai kemeja apapun jadi baju olahraga. Dengan daya serap kain yang sangat baik, bahan ini menjadi primadona baru dalam industri kaos karena dapat mengurangi keringat dan bau badan. Meski dibuat menggunakan bahan alami perpaduan serat Cotton dan Bamboo, kain cotton bamboo tetap bisa diaplikasikan sablon, lho..

  1. Ripstop, Kain yang Anti Sobek

Bagi Anda yang tengah berfokus pada seragam lapangan, Anda wajib mengenali kain Ripstop. Kain Ripstop merupakan kain tenun dengan menggunakan bahan benang Nilon. Dalam proses merajutnya, ada teknik khusus untuk memperkuat bahan tersebut sehingga lebih tahan terhadap sobekan.

Karakteristik kain Ripstop memiliki kerapatan tinggi dengan berbagai pola. Kekuatan yang baik tersebut membuat kain ini juga tahan air. Ketahanan bahannya juga bisa melindungi dari goresan. Kalaupun sobek, sobekannya tidak akan mudah melebar sendiri seperti kain yang lain. Meski demikian, kain ripstop ini masih cukup ringan.

Bagaimana? Fakta tentang bahan kain mana yang baru Anda ketahui? Kini, sudah tidak bingung kan memilih bahan kain yang tepat untuk kebutuhan Anda? Konsultasikan kebutuhan Anda dengan vendor terpercaya.

Sansan Saudaratex Jaya telah dipercaya oleh instansi di tingkat nasional dan mancanegara dalam memproduksi seragam, termasuk seragam sekolah. Spesialisasi dari produk kami adalah kain-kain seragam (Cotton, TC/TR) yang memerlukan kestabilan warna dalam quantity yang besar dan memiliki daya tahan cuci yang tinggi (menggunakan metode Vat Dyeing/Bejana). Proses dan biaya pengerjaan pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan instansi Anda. Segera hubungi kami di halaman kontak untuk pemesanan serta informasi lebih lanjut. 

 

Sumber: Tangankanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.