Mengenal Gramasi Kain Seragam

PTSansan.co.id – Dalam proses pembuatan seragam, salah satu faktor yang menjadi penentu kualitas dan kenyamanan penggunanya adalah gramasi kain. Nah, meskipun sudah sering mendengar istilah ini, Anda mungkin masih bertanya-tanya, apa itu gramasi kain? Nah, untuk Anda yang sedang berencana untuk membuat seragam, berikut kami rangkum sekilas pengertiannya serta rekomendasi gramasi kain seragam, mulai dari yang ringan hingga yang berat.

Foto : Unsplash
  • Apa itu Gramasi Kain?

Gramasi kain adalah suatu ukuran perbandingan antara berat kain pada setiap satuan ukurannya. Konsep ini umumnya digunakan untuk mengetahui berapa ukuran benang yang akan digunakan serta perkiraan panjang kain yang nantinya akan dihasilkan. Semakin besar satuan ketebalan benangnya, maka akan semakin tipis benangnya. Inilah yang menyebabkan adanya perbedaan gramasi pada tiap-tiap kain. Dengan mengetahui gramasi kain, Anda dapat menghitung terlebih dahulu serta merencanakan jumlah pemakaian kain untuk pembuatan seragam.

  • Faktor yang Mempengaruhi

Gramasi kain sangat bergantung pada ketebalan benang yang dibuat, kepadatan tenunan atau rajutan, serta komposisinya. Proses pewarnaan atau pencetakan juga dapat mempengaruhi gramasi kain. Banyak yang beranggapan bahwa semakin besar gramasi sebuah kain, maka semakin tinggi daya tahannya, dan begitupun sebaliknya. Akan tetapi, hal tersebut tidak selalu benar. Sebab, ada juga faktor lain selain gramasi yang dapat mempengaruhi kekuatan kain, misalnya sifat drapability pada kain, kelenturannya, kelembutannya, dan lain-lain.

  • Satuan Unit

Karena potongan kain bisa memiliki dimensi yang berbeda, gramasi kain umumnya diukur dalam satuan massa per luas permukaan, yaitu berapa berat kain tersebut dalam jumlah tertentu. Biasanya, gramasi diukur dengan menggunakan satuan gram per meter persegi (g / m² atau gsm) atau dalam ons per yard persegi (oz / y², sering disingkat oz).

Kurang lebih, rumus perhitungan GSM adalah sebagai berikut:

GSM (gr/m2) = Berat kain (gram) / (panjang kain (meter) x lebar kain (meter))

Sebagai contoh, untuk lapisan kain dengan lebar 150 cm dan berat 450 glm, perhitungan gramasinya adalah 450 / 1,50 = 300 g/m² atau 300 GSM.

  • Kategori Gramasi Kain

Meskipun ada berbagai pendapat, terdapat skala yang relatif universal untuk membedakan gramasi kain seragam. Berikut ini yang akan sering Anda temukan:

  1. Sangat ringan : <135 g/m²: (Cukup jarang ditemukan pada pakaian)
  2. Ringan : 135 g/m² sampai 200 g/m² (Kaos berbahan katun tipis umumnya memiliki gramasi ringan)
  3. Mengengah : 200 g/m² sampai 270 g/m² (Seragam berbahan Teteron Cotton umumnya memiliki gramasi menengah)
  4. Menengah berat : 270 g/m² sampai 340 g/m² (Seragam berbahan T/R Twill dan Tropical umumnya memiliki gramasi berat menengah)
  5. Berat : 340 g/m² sampai 400 g/m² (Seragam berbahan CVC dan T/R Ripstop umumnya memiliki gramasi berat)
  6. Sangat berat : >400 g/m² (Jenis seragam Twill yang berbahan 100% katun umumnya memiliki gramasi yang sangat berat sehingga tebal dan nyaman digunakan)
  • Pentingnya Gramasi Kain

Gramasi kain memiliki peranan penting dalam produksi kain seragam, khususnya untuk pengklasifikasian kain agar memudahkan Anda dalam membedakan berat dan tebal suatu bahan dengan bahan yang lainnya.  Selain itu, gramasi kain juga dapat mempengaruhi produk tekstil yang nantinya dihasilkan.

Meskipun begitu, tidak selamanya kualitas kain dapat ditentukan hanya dengan mengukur gramasi kain saja. Apalagi, jika Anda membandingkan antara kain yang memiliki serat dan jenis tenunan yang berbeda. Jadi, berapapun gramasi kain seragam yang Anda pilih, kenyamanan akan tetap bergantung pada penyesuaian berbagai faktor dengan kebutuhan.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda ketahui mengenai gramasi kain seragam. Kami, PT. Sansan Saudaratex Jaya Divisi Tekstil, siap menjawab kebutuhan Anda perihal produksi kain seragam dengan kualitas terbaik. Didukung oleh teknologi intensif (mesin-mesin continuous process), teknologi tekstil know-how yang sesuai zaman, dan sumber daya manusia yang berkualitas, kami dikenal dengan kualitas produk yang memenuhi standard requirement buyer-buyer nasional maupun internasional.

Dengan kapasitas produksi Dyeing Finishing PT. Sansan Saudaratex Jaya Divisi Tekstil mencapai 2.000.000 meter/bulan, kami terbuka dan menerima setiap Job Order/Makloon/CMT untuk proses Sizing, RFD/PFD, Dyeing, dan Finishing untuk semua jenis kain woven. Spesialisasi dari produk kami adalah kain-kain seragam (Cotton, TC/TR) yang memerlukan kestabilan warna dalam quantity yang besar dan memiliki daya tahan cuci yang tinggi (menggunakan metode Vat Dyeing/Bejana). Selain itu, kami pun ahli dalam memproses kain-kain celana (kain-kain bergramasi tinggi) yang memiliki efek Stretch. Segera hubungi kami di halaman kontak untuk pemesanan serta informasi lebih lanjut. 

 

Sumber: Porinto, Deer and Doe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.