Rekomendasi Bahan Kain Seragam Pilihan

PTSansan.co.id – Berbeda dengan bahan kaos dan kemeja pada umumnya, dalam memilih pakaian seragam, seperti seragam perusahaan atau seragam kedinasan, ada beberapa karakteristik khusus yang perlu diperhatikan. Hal ini mengingat penggunaannya yang cukup intens sehingga membutuhkan daya tahan kain yang lebih kuat. Oleh karena itu, pemilihan bahan menjadi salah satu faktor utama dalam pembuatan seragam. Masih bingung dengan beberapa bahan pilihan yang umumnya digunakan untuk membuat seragam? Kami memiliki beberapa rekomendasi bahan kain seragam yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

  • Twill

Kain twill tergolong ke dalam jenis kain dengan tampilan berbentuk garis diagonal pada bagian permukaannya. Tekstur kain twill cenderung kaku, tebal, dan padat, sehingga membuatnya lebih mudah mengikuti bentuk. Meskipun begitu, saat digunakan sebagai bahan kain seragam, jenis kain ini akan terasa lembut dan adem. Kain twill juga memiliki tingkat kelenturan yang cukup baik saat mendapat tekanan. Berkat sifatnya yang kuat dan tahan lama, kain ini sangat cocok digunakan untuk seragam atau jaket lapangan. Celana jeans serta kaos polo juga biasanya menggunakan kain twill. 

Kain twill sendiri terdiri dari beberapa jenis, seperti Natural Twill, Synthetic Twill, Broken Twill, dan lainnya, dengan jenis anyaman yang paling umumnya twill 2/1 dan 3/1. Perbedaan kedua anyaman ini dapat terlihat dari tekstur dan sudut kemiringan. Anyaman twill 3/1 yang terlihat lebih miring di­bandingkan dengan anyaman twill 2/1. 

  • Drill

Hampir serupa dengan kain twill, kain drill dipintal dengan tekstur diagonal serta mempunyai jalinan benang yang kuat. Meski sekilas tampak serupa, kain drill memiliki karakteristik yang cukup berbeda dengan kain twill. Komposisi material penyusunnya adalah campuran katun dan polyester dengan desain yang kuat, tebal, serta tenunan kain yang lebih rapat dan kokoh. Hal tersebut membuat tekstur kainnya lembut, kuat, tahan kusut, dan warnanya pun tak mudah pudar. 

Kain drill umumnya dibagi menjadi tiga jenis, yaitu Twill Drill (serat kecil), American Drill (serat sedang), dan Japan Drill serta Nagata Drill (serat besar). Ketiganya memiliki keunggulan tersendiri. Kain Twill Drill, misalnya, memiliki sifat tahan air sehingga cocok untuk aktivitas luar ruangan. Sementara itu, permukaan kain American Drill terkenal lebih lembut, sedangkan Japan Drill umumnya lebih kuat dan lebih tebal karena komposisinya terdiri dari lebih banyak katun. Ada juga Nagata Drill yang sangat cocok untuk seragam kantor dalam ruangan maupun luar ruangan. 

  • Ripstop

Secara harfiah, ripstop berarti mencegah sobekan pada kain. Ripstop merupakan jenis bahan kain seragam yang sangat dianjurkan untuk baju safety di lapangan. Memiliki tekstur kotak-kotak, kemeja berbahan ripstop umumnya dapat ditemukan pada baju tentara maupun tas. Penggunaan bahan ini tidak terlepas dari keunggulan di dalamnya, dengan model yang juga beragam sehingga bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. 

Kain ripstop memiliki ketahanan yang baik untuk penggunaan outdoor, dengan komposisi katun, polyester, nilon serta polypropylene. Yang membedakannya dengan jenis kain lain adalah cara menenunnya. Teknik tenun khususnya menghasilkan kerapatan kain yang sangat baik serta berbagai pola bentuk garis mulai dari hexagon, diamond atau kotak membentuk struktur menjadi 3 anyaman. Inilah yang membuat serat kain atau nilon terjalin sangat kuat, tidak mudah sobek, ringan dan lembut.

  • Tropical

Kain tropical juga merupakan bahan kain yang direkomendasikan untuk seragam kerja.  Bahan ini terbuat dari campuran antara katun dan polyester dengan perbandingan katun lebih besar, sehingga bila dipakai akan terasa sangat dingin. Jenis kain ini terdiri dari serat yang membuat bahannya lebih halus luar dan dalam dengan jalinan tekstur titik-titik. Kain tropical juga memiliki kualitas baik dan kuat dimana dimensi relatif stabil pada setiap lipatan dan penyusutan. 

Apabila dibandingkan dengan kain drill, ketebalan kain tropical memang cenderung lebih tipis. Akan tetapi, jenis kain ini tetap lentur dan tidak mudah kusut. Sebab, kain tropical dibuat dengan tenunan yang tidak kasar. Alhasil, kain tropical memiliki tingkat kelenturan yang sangat baik, daya tahan warna baik, awet, dan rapi.

Itulah beberapa rekomendasi bahan kain seragam pilihan kami. Kami, PT. Sansan Saudaratex Jaya Divisi Tekstil, sendiri menghadirkan berbagai jenis kain terbaik untuk pembuatan seragam. Didukung oleh teknologi intensif (mesin-mesin continuous process), teknologi tekstil know-how yang sesuai zaman, dan sumber daya manusia yang berkualitas, kami dikenal dengan kualitas produk yang memenuhi standard requirement buyer-buyer nasional maupun internasional.

Dengan kapasitas produksi Dyeing Finishing PT. Sansan Saudaratex Jaya Divisi Tekstil mencapai 2.000.000 meter/bulan, kami terbuka dan menerima setiap Job Order/Makloon/CMT untuk proses Sizing, RFD/PFD, Dyeing, dan Finishing untuk semua jenis kain woven. Spesialisasi dari produk kami adalah kain-kain seragam (Cotton, TC/TR) yang memerlukan kestabilan warna dalam quantity yang besar dan memiliki daya tahan cuci yang tinggi (menggunakan metode Vat Dyeing/Bejana). Selain itu, kami pun ahli dalam memproses kain-kain celana (kain-kain bergramasi tinggi) yang memiliki efek Stretch. Segera hubungi kami di halaman kontak untuk pemesanan serta informasi lebih lanjut. 

 

Sumber: Fitinline, Bikin.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.